Bulan K3, Dinkes Provinsi Gelar Kegiatan Promotif dan Preventif di Sekolah

IMG-20200124-WA0013.jpg

Screening Penyakit Tidak Menular dilakukan kepada para guru dan Pegawai Tata Usaha di SMA N 4 Gorontalo, Jum'at (24/01/2020)

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Dalam rangka bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) tahun 2020, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melaksanakan Upaya Promotif dan preventif di SMA N 4 Gorontalo, Jum’at (24/01/2020).

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari warga sekolah yang menjadi sasaran yaitu guru dan siswa. Wakil Kepala Sekolah Hubungan Masyarakat Tri Imelda Tumulo mewakili warga sekolah merasa bersyukur karena ini adalah suatu kegiatan yang positif apalagi bisa memeriksa kesehatan para guru, PTT dan GTT sehingga tak perlu lagi ke fasilitas pelayanan kesehatan.

“Di sini karena ada kesempatan untuk memeriksakan kesehatan kenapa tidak dimanfaatkan dengan baik. Untuk itu kami sangat bersyukur, kemudian untuk anak-anak pengurus organisasi Mereka pun bisa mendapatkan informasi untuk hidup bersih dan sehat kemudian bisa mengetahui penyakit-penyakit yang menular” ujar Imelda.

Penyuluhan Kesehatan kepada para siswa perwakilan Organisasi Intra Sekolah diantaranya Pramuka, PMR, ROHIS dan Patroli Keamanan Sekolah (PKS)

Tri Imelda berharap agar kegiatan ini terus dilakukan secara berkesinambungan.
“Harapannya kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi ini tidak hanya sekali kalau bisa mungkin 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali sehingga bisa selalu mengontrol Kesehatan dan keadaan siswa di sekolah dan guru” tandasnya.

Pada kesempatan itu juga, Pembimbing Kesehatan Kerja Ahli Madya Syarif Potutu mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka memeriahkan dan mencoba untuk mengambil peran dalam bulan K3 tahun 2020.
“Pelaksanaannya melibatkan lintas program diantaranya Pembimbing Kesehatan Kerja, Penyuluh Kesehatan Masyarakat, Program Penyakit Tidak Menular dan Sanitarian yang ada di Dinkes Provinsi” kata Syarif.

Untuk itu, pada kegiatan berikutnya, Syarif berharap kegiatan seperti ini akan lebih melibatkan integrasi program yang ada sehingga masyarakat dapat terpapar pengetahuan tentang kesehatan secara menyeluruh yang nantinya diharapkan dapat disebarluaskan oleh perwakilan siswa tersebut atau oleh orang yang terpapar dengan ilmu-ilmu kesehatan tersebut.

Adapun kegiatan yang dilakukan antara lain Penyuluhan Kesehatan Kerja yaitu K3 Perkantoran, Germas, PHBS dan isi piringku serta Screening Penyakit Tidak Menular dan Pengukuran status gizi dengan sasaran Guru, Pegawai Tata Usaha dan Siswa perwakilan Pramuka, PMR, PKPR, ROHIS dan Patroli Keamanan Sekolah (PKS).

Rilis : MD & ILB
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eight + three =

scroll to top