Turunkan Stunting, Dinkes Bone Bolango Lakukan Gelar Ukur dan Intervensi Fokus

IMG-20230309-WA0002.jpg

Gelar ukur bagi balita dilakukan oleh Puskesmas di wilayah Kabupaten Bone Bolango.

Kabupaten Bone Bolango, Dinkesprov – Dalam rangka mendukung percepatan penurunan stunting di Kabupaten Bone Bolango, terhitung sejak tanggal 08 Maret 2023 hingga 15 Maret 2023 seluruh Posyandu di wilayah Kabupaten Bone Bolango akan melaksanakan gelar ukur bagi seluruh balita.

“Ini merupakan kesepakatan kami setelah melaksanakan FGD bersama kepala puskesmas, seluruh pengelola program gizi/ePPGBM puskesmas, Ketua OP Persagi, IBI dan PPNI, dimana sebelumnya kami telah melakukan rapat bersama Ibu Wakil Bupati,” ungkap Meyrin Kadir, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango.

Pemberdayaan Lansia sebagai Duta ASI eksklusif.

Hasil gelar ukur tersebut akan segera dilakukan penginputan data oleh Puskesmas yang didampingi oleh Dinas Kesehatan dan OP PERSAGI dengan harapan diakhir bulan Maret nanti sudah akan ada update data terbaru.

Sementara itu, Kabid Kesmas sekaligus Plh Sekertaris Dinkes Bone Bolango, Roos Panai juga menambahkan bahwa saat ini mereka mendorong agar Posyandu Remaja dan Lansia aktif dilaksanakan.

“Kegiatan Posyandu Remaja nantinya akan menitikberatkan pada konsumsi tablet tambah darah dan juga menyasar seluruh anak usia sekolah baik SMP maupun SMA,” ujar Roos.

Upaya unik lain yang dilakukan oleh Puskesmas se-Kabupaten Bone Bolango adalah mengaktifkan Posyandu Lansia dan memberdayakan Lansia sebagai Duta ASI Eksklusif, mengingat begitu pentingnya peranan orang tua sebagai penentu pengambilan keputusan ditingkat keluarga.

“Agar pelaksanaannya dapat terkontrol, maka kami meminta Puskesmas untuk membuat jadwal pelaksanaan Posyandu Remaja dan Lansia,” pungkas Roos.

Rilis : MD
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 3 =

scroll to top
Bahasa »