Keterlibatan Lintas Sektor Dibutuhkan Untuk Cegah Stunting Sejak Dini

WhatsApp-Image-2023-03-08-at-08.21.26.jpg

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Yana Yanti Suleman membuka pertemuan Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Peran lintas sektor sangat penting dan dibutuhkan dalam penurunan stunting di Provinsi Gorontalo.

Hal ini terungkap saat Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melakukan Pertemuan Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi Gorontalo tahun 2023 di Hotel Damhil, Kota Gorontalo, Selasa (7/3/2023).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Yana Yanti Suleman mengatakan, stunting dicegah mulai dari anak-anak bahkan remaja atau usia pranikah agar hasilnya akan lebih optimal.

“Ketika stunting itu kita cegah mulai dari anak-anak bahkan remaja atau usia pranikah, maka hasilnya akan lebih dioptimal,” Katanya

Dalam penanganannya stunting telah melibatkan sektor utama yaitu sektor pendidikan, kementerian agama serta universitas yang akan membantu dalam mengoptimalisasikan percepatan penurunan stunting.

“Dengan menangani apakah itu keterlibatan dari lintas sektor utamanya sektor pendidikan saat ini ada dari diknas juga dari kemenag untuk di pesantren ataupun madrasah dan ada dari universitas, itu kemudian membantu kita dalam hal optimalisasi percepatan penurunan stunting,” jelas Yana.

Yana menuturkan, dengan melibatkan tenaga pendidik akan lebih memudahkan dalam memeriksa kesehatan anak yaitu melalui satu indikator anemia atau tidak, dengan begitu dapat membantu percepatan penurunan stunting di provinsi Gorontalo

“Dengan kerjasama ini menjaga kesehatan dari si anak melalui satu indikator saja yaitu indikator anemia atau tidak, nah itu tentunya butuh keterlibatan yang aktif dari pada tenaga pendidik, kemudian saya yakin hal tersebut bisa membantu percepatan penurunan stunting di provinsi Gorontalo,” tuturnya.

Rilis : Nita-MgUNG (gps)
Editor : Nancy Pembengo/MD

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 1 =

scroll to top
Bahasa »