Rumah Singgah Sangat Membantu Masyarakat Yang Dirujuk Ke luar Daerah

IMG-20190927-WA0009.jpg

Suasana rumah singgah pasien peserta Penerima Bantuan Jamkesta di Manado

Rumah Singgah Sangat Membantu Masyarakat Yang Dirujuk Ke luar Daerah

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Keberadaan rumah singgah yang disediakan pemerintah Provinsi Gorontalo untuk masyarakat Gorontalo yang berobat di rumah sakit yang berada di wilayah Manado, Sulawesi Utara dirasa sangat membantu. Khususnya bagi mereka masyarakat kurang mampu yang harus berobat di Manado.

Warga Gorontalo yang menggunakan fasilitas rumah singgah sedikit berbagi cerita tentang pengalamannya bisa memanfaatkan rumah singgah Manado. Adalah Thamrin Djafar, pendamping pasien yang merupakan warga Desa Buhu, Kecamatan Telaga Jaya, Kabupaten Gorontalo.

Dari awal mendampingi istrinya yang berobat di Manado, ia awalnya tidak mengetahui keberadaan rumah singgah. Informasi itu ia dapatkan dari perbincangan dari masyarakat yang pernah berobat di Manado yang mendapatkan fasilitas dari Dinas Kesehatan. “Awalnya saya tidak tahu. Saya mendapat informasi ini dari perbincangan dari kawan-kawan saya bahwa ada fasilitas pelayanan kesehatan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo,” katanya mengawali perbincangan.

Informasi itu kemudian ditindaklanjuti. Ia mendatangi Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. Menggali lebih jauh soal bantuan pemerintah tersebut. Petugas Dinas kesehatan kemudian memberi petunjuk sekaligus formulir yang harus diisi. “Tidak menanti lama. Saya dipanggil. Rumah saya di survei dan di wawancarai. Alhamdulillah, saya mendapatkan pelayanan kesehatan. Tak hanya diberikan fasilitas rumah singgah. Tetapi tiket berangkat, hingga berobat di rumah sakit Manado saya di fasilitas oleh Dinas Kesehatan,” tuturnya dengan mata berkaca-kaca.

Awalnya ia mengira bahwa fasilitas kesehatan yang akan diberikan Pemerintah hanya biasa saja. Namun berbalik 180 derajat. Keluarganya mendapatkan fasilitas plus. Bertolak ke Manado menggunakan pesawat, diberikan fasilitas rumah singgah hingga diberikan biaya hidup selama beberapa hari di Manado. “Luar biasa. Program pak Gubernur Gorontalo tidak main-main. Saya tentu bersyukur dengan adanya program kesehatan prima ini,” ucap Thamrin.

Hingga saat ini, Thamrin bersama istrinya berada di rumah singgah, Manado. Mendapatkan fasilitas yang baik serta pelayanan maksimal. “Kami selalu diberi pentunjuk. Kami nyaman berada disini. Awal-awalnya saya asing dengan bantuan ini. Tetapi setelah mengenal lebih jauh, kami terus mendapat pendampingan hingga ke Poli yang akan kami kunjungi,” bebernya.

“Kami keluarga beserta dengan seluruh masyarakat yang berada di rumah singgah ini merasa berterima kasih kepada Gubernur Gorontalo Rusli Habibie serta pemerintah Provinsi Gorontalo yang telah menyediakan fasilitas seperti ini. Yang membantu kami dalam melakukan pengobatan di luar daerah,”tandas Thamrin.

Rilis : Andi
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty + 19 =

scroll to top
X