Jambore, Sarana Unjuk Kekompakan Kader Kesehatan di Gorontalo Utara

IMG-20231105-WA0024.jpg

Pencanangan Jambore Kader Posyandu di Gorontalo Utara, yang berlangsung pada Minggu (05/11/2023) di Lapangan Desa Bulango Raya, Kecamatan Tomilito.

Kabupaten Gorontalo Utara, Dinkesprov – Di bawah teriknya matahari yang memancar, semangat kader kesehatan di Gorontalo Utara tetap menyala. Mereka berkumpul dalam acara pencanangan Jambore Kader Posyandu yang menjadi ajang unjuk kekompakan, menyalurkan semangat dan dedikasi mereka untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

Pencanangan Jambore Kader Posyandu di Gorontalo Utara, yang berlangsung pada Minggu (05/11/2023) di Lapangan Desa Bulango Raya, Kecamatan Tomilito, mempertemukan 320 kader kesehatan dari empat kecamatan yaitu Kecamatan Tomilito, Anggrek, Kwandang, dan Gentuma Raya. Acara ini digelar atas kerjasama Dinas Kesehatan setempat dan sejumlah UPTD Puskesmas.

Para kader kesehatan, yang semuanya adalah perempuan, hadir dalam acara ini dengan semangat yang tinggi. Mereka tidak hanya berkumpul, tetapi juga berupaya mempererat tali solidaritas, meningkatkan pengetahuan, dan melatih keterampilan dalam pelayanan kesehatan.

Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu.

Saat acara dimulai, lomba yel-yel keceriaan bergema, menunjukkan semangat dan kerjasama dari para kader kesehatan. Masing-masing utusan kecamatan menampilkan nyanyian dan gerakan yang amat kompak.

Dari sini mereka sadar bahwa kesehatan masyarakat adalah tanggung jawab bersama, dan kerja sama yang erat sangat penting dalam mencapai tujuan.

Selain unjuk kekompakan melalui yel-yel, acara ini juga mengadakan lomba penyuluhan yang diikuti oleh utusan dari masing-masing kecamatan. Para peserta lomba berkompetisi untuk memberikan penyuluhan kesehatan terbaik dengan topik yang beragam.

Setelah meraih kesuksesan dalam lomba yel-yel dan penyuluhan, para kader kesehatan berkesempatan menerima hadiah sebagai penghargaan atas kerja keras dan prestasi mereka.

”Jambore Kader Kesehatan sebagai sarana untuk membangun solidaritas dan kekompakan di antara kader. Tanpa kekompakan, pelayanan kesehatan tidak dapat berjalan dengan maksimal. Dari lomba yel-yel dan penyuluhan tadi, dapat disimpulkan bahwa para kader kesehatan ini paham akan tugasnya,” ujar Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu saat memberi sambutan pada kegiatan tersebut.

Kader kesehatan dianggap sebagai garda terdepan dalam upaya kesehatan masyarakat. Mereka sehari-harinya berinteraksi dengan masyarakat dan berhadapan dengan berbagai permasalahan kesehatan yang ada di lingkungan masyarakat.

Sementara itu, Posyandu yang awalnya merupakan sarana pelayanan kesehatan bayi dan balita, telah berkembang menjadi sarana pelayanan untuk siklus hidup.

”Dulu kader posyandu hanya melayani balita dan ibu hamil. Tapi sekarang paradigmanya sudah berubah. Sudah harus melayani ibu hamil, balita, remaja, usia produktif, sampai lansia. Inilah yang saat ini menjadi tantangan para kader kesehatan.” ujar Thariq Modanggu

Mengemban tugas yang bertambah seiring dengan berubahnya paradigma posyandu, selalu ada harapan untuk memperoleh penghargaan dan kompensasi yang lebih baik.

”Saya ingin insentif kader ini diupayakan untuk ditingkatkan. Sebab tugas mulia kader yakni menyiapkan SDM masa depan, maka perlu untuk memperoleh penghargaan yang sepadan,” kata Thariq.

Perkembangan pesat dalam dunia kesehatan menjadi tantangan tersendiri bagi kader kesehatan. Mereka dihadapkan pada tuntutan untuk terus meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan mereka. Dalam konteks ini, Bupati Thariq menekankan kepada kader kesehatan bahwa peningkatan pengetahuan dan keterampilan harus menjadi prioritas utama.

”Dalam dunia kesehatan yang terus berubah, kemampuan untuk belajar dan beradaptasi menjadi kunci dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas,” ujarnya.

Jambore Kader Posyandu di Gorontalo Utara turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara, para Camat, Kepala-Kepala Puskesmas, serta sejumlah Kepala Desa.

Acara ini bukan sekadar tentang peningkatan pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga mengenai membangun solidaritas dan kekompakan di antara kader kesehatan yang selalu siap mendedikasikan diri untuk masyarakat Gorontalo Utara.

Rilis : Andre (Gorut)
Editor : Nancy Pembengo/MD

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × five =

scroll to top
Bahasa »