Dinkes Provinsi Peringati Hari Lanjut Usia Nasional, Dipusatkan di Kabupaten Gorontalo Utara

c589a52bd0e648439d30ece4a046bf37.jpg

Pelayanan kesehatan dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional di puskesmas Molingkapoto Kabupaten Gorontalo Utara.

Kabupaten Gorontalo Utara, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melaksanakan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional, Selasa (23/05/2023) di Puskesmas Molingkapoto, Kabupaten Gorontalo Utara.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo diwakili Fungsional Pembimbing Kesehatan Kerja Ahli Madya, Syarif Potutu mengatakan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-27 tahun 2023 yang mengusung tema Keluarga Hebat, Caregiver Bersahabat, Lansia Smart

“Dengan tema ini mudah-mudahan lansia kita yang berada di Provinsi Gorontalo sehat, mandiri kemudian juga bahagia dan sejahtera serta produktif, itu pesan-pesan dari kami mudah-mudahan ke depan kita semua bisa lebih meningkatkan usia harapan hidup dengan kegiatan seluruh program yang ada di Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo,” kata Syarif.

Pada kesempatan itu juga Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara, Dekson Mopili menjelaskan mengapa kegiatan Hari Lanjut Usia Nasional ini dipusatkan di Puskesmas Molingkapoto.

“Karena Puskesmas Molingkapoto adalah sebagai Puskesmas percontohan untuk tingkat provinsi Gorontalo dan alhamdulillah untuk kesehatan lansia ini capaian khusus untuk Puskesmas Molingkapoto selama ini tertinggi dari Puskesmas yang lain yaitu sekitar 30% dan tentu kami sangat mengapresiasi atas ditunjuknya Puskesmas Molingkapoto sebagai Puskesmas percontohan dan juga sebagai lokus untuk pelaksanaan kegiatan pada hari ini,” ungkap Dekson.

Dekson berharap kedepannya kegiatan seperti ini perlu ditingkatkan dan mengimbau bagi lansia 60 tahun ke atas supaya dapat melaksanakan pemeriksaan kesehatan sebagaimana telah diprogramkan oleh pusat.

“Dan pada hari ini akan dilaksanakan dengan jumlah sasaran yang akan diperiksa kurang lebih 100 orang lansia dan itu terpusat di Puskesmas Molingkapoto,” ujarnya.

Dekson juga mengimbau kepada lansia untuk dapat memberikan edukasi kepada anggota keluarganya yang sedang hamil agar dapat memberikan Air Susu Ibu (ASI) kepada bayi minimal sampai usia 6 bulan.

“Karena selama ini ibu-ibu maupun lansia biasa mempengaruhi anak-anaknya untuk tidak menyusui padahal ini adalah program yang perlu kita dukung bersama untuk bagaimana supaya bayi bisa menyusui minimal sampai 6 bulan sehingga bayi bisa sehat terutama daya tahan tubuhnya juga bisa kuat sehingga terhindar dari pemyakit terutama untuk pencegahan penyakit dalam hal ini stunting,” imbuh Dekson.

Pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Tingkat Provinsi Gorontalo ini dilakukan Pelayanan Kesehatan Lansia berupa Skrining Penyakit Tidak Menular (PTM), Senam Lansia dan penyuluhan kesehatan.

Rilis : MD/ILB
Videografer : ILB
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + seven =

scroll to top
Bahasa »