Review Usulan 2024, Kadinkes Anang Pastikan Kegiatan Punya Daya Ungkit Capai Kinerja Utama

IMG-20230824-WA0010.jpg

Review dan finalisasi rancangan akhirrencana kerja Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo tahun 2024.

Kabupaten Boalemo, Dinkesprov – Tahapan penyusunan usulan anggaran 2024 saat mendekati tahapan akhir, sebagaimana agenda rutin penganggaran yang berlangsung setiap tahun. Proses review sebelumnya telah dilakukan, baik oleh Inspektorat maupun oleh Bapppeda Provinsi Gorontalo dan telah merekomendasi hal- hal yang harus diperbaiki oleh Dinas Kesehatan Provinsi.

Dan sebagai persiapan untuk menghadapi review bersama tim TAPD, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Anang S. Otoluwa melakukan review kembali terhadap usulan yang ada, Kamis-Jum’at (24-25 Agustus 2023), bertempat di Villa Kencana, Kabupaten Boalemo.

Tujuannnya selain untuk menindaklanjuti hasil rekomendasi dari Bappeda dan Inspektorat Provinsi Gorontalo, juga untuk memastikan bahwa kegiatan yang disusun mempunyai daya ungkit atau benang merah terhadap pencapaian kinerja utama Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

“Indikator Kinerja Utama Dinas Kesehatan utama mengacu pada sasaran strategi pemerintah daerah yaitu menurunnya prevalensi stunting dan meningkatnya Usia Harapan Hidup (UHH),” ungkap Anang.

Kadinkes Anang juga menyampaikan agar intervensi yang dilakukan tepat, maka perlu ditentukan tujuan dan sasaran Dinas Kesehatan Provinsi. UHH dipengaruhi diantaranya oleh Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), semakin tinggi AKI dan AKB akan semakin rendah UHH suatu wilayah.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kesehatan menginstruksikan kepada semua kepala bidang agar benar-benar menguasai dokumen perencanaan dan dokumen RKA masing-masing.

“Anggaran yang kita miliki terbatas sehingga perlu strategi agar pemanfaatannya efektif dan efisien. Dalam melakukan perjalanan dinas masing-masing bidang harus memetakan permasalahan terlebih dahulu, sehingga tahu persis apa yang akan dilakukan pada saat melakukan perjalanan dinas.
Pertemuan atau rapat juga dapat dilakukan secara daring dan harus dipersiapkan dengan baik sehingga outputnya tercapai,” tegas Anang.

Proses desk review yang dihadiri oleh seluruh pejabat administrator, pengawas, fungsional sebagai tim kerja dan juga pengelola program menghasilkan kesepakatan terkait dengan usulan 2024 yang kemudian dituangkan dalam berita acara dan ditandatangani bersama. Diakhir acara Kadinkes juga mengharapkan bahwa hasil pelaksanaan kegiatan dipastikan harus berdampak pada program prioritas yaitu penurunan stunting dan kemiskinan eksktrim.

“Lakukan evaluasi terhadap kinerja masing-masing, kontribusi apa yang sudah anda lakukan lalu dipublikasikan kemudian kembangkan kegiatan kegiatan inovatif dalam pelaksanaan kegiatan, hindari kegiatan yang sifatnya rutinitas, dan juga memperhatikan aspek paperless dalam pertanggunjwaban keuangan,” pungkasnya.

Rilis : KrisNa
Editor : Nancy Pembengo/MD

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − 9 =

scroll to top
Bahasa »