Puskesmas Dulupi Jadi Percontohan Program Kesehatan Masyarakat

IMG-20230313-WA0001.jpg

Rapat Penggalangan dukungan mitra potensial untuk program Promosi Kesehatan di Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo.

Kabupaten Boalemo, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melakukan penggalangan dukungan mitra potensial dalam mendukung program promosi kesehatan yang dilaksanakan di Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo, Jum’at (10/03/2023).

Plt Kepala bidang Kesehatan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Suliyanti Otto mengatakan puskesmas Dulupi dipilih menjadi puskesmas percontohan untuk Kabupaten Boalemo. Hal itu telah melalui proses yakni verifikasi lokus yang akan dijadikan percontohan.

“Mengapa kami memilih Dulupi karena kami melihat dari data yang ada untuk program kesmas cakupannya tinggi sehingga kita tidak memulai dari awal tetapi tinggal melengkapi saja untuk menjadi suatu puskesmas percontohan,” ungkap Suliyanti.

Dukungan dari dinas kesehatan, puskesmas, pemerintah desa dan kecamatan Dulupi sangat bagus sehingga menjadi salah satu faktor dalam melaksanakan seluruh program kesmas dengan standar yang terbaik.

“Dari pertemuan yang telah dilaksanakan ini ada beberapa hal masalah kesehatan yang akan nanti menjadi topik untuk kita selesaikan bersama, yang pertama masalah ODF yaitu stop buang air besar sembarangan. Dari tiga desa baru satu desa yang akan menuju ODF dan ini target kita insya Allah di tahun 2023 kita akan mengupayakan seluruh desa yang ada di wilayah Dulupi ini semuanya sudah ODF,” tutur Suliyanti.

Penandatanganan komitmen dukungan oleh Lintas Sektor terkait.

Suliyanti juga menekankan pentingnya melakukan intervensi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui berbagai kegiatan yaitu skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) terutama kanker leher rahim dan payudara, aktivitas fisik dan makan buah dan sayur dalam setiap kegiatan.

“Untuk kesehatan ibu dan anak, stunting serta kematian ibu dan bayi, kami melihat cakupan pelayanan ibu dan anak sudah sangat baik. Kita akan mengupayakan untuk dimaksimalkan agar tidak lagi menjadi lokus stunting untuk puskesmas Dulupi,” kata Suliyanti.

Sementara itu Sekcam Dulupi Kabupaten Boalemo Iskandar Djibu, mengungkapkan dukungan pemerintah kecamatan dalam program kesehatan.

“Dari tahun-tahun sebelumnya bahwa pemerintah kecamatan sudah berkomitmen untuk mendukung seluruh program kesehatan masyarakat,” ungkap Iskandar.

Secara finansial pemerintah kecamatan tidak mempunyai anggaran khusus tetapi dilakukan melalui dana desa.

“Harapan kedepan semua lintas sektor dapat bekerjasama karena pekerjaan ini butuh dukungan seluruh lintas sektor dalam rangka agar apa yang menjadi program pemerintah terkait kesehatan ini bisa maksimal,” tutup Iskandar.

Pada kesempatan itu, hadir lintas sektor terkait diantaranya dari instansi pendidikan, tokoh masyarakat, tokoh agama, TNI, Polri dan Tim Penggerak PKK.

Rilis : MD
Videografer : ILB/Andi
Foto : AIS
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 + 15 =

scroll to top
Bahasa »