Puskesmas Botupingge Gelar Gardu Pandu Patuh PTM dan Prolanis Secara Massal

WhatsApp-Image-2023-02-28-at-16.22.45.jpg

Gerakan Terpadu Pandu Patuh (Gardu) PTM dan Prolanis di Puskesmas Botupingge Kabupaten Bone Bolango.

Kabupaten Bone Bolango, Dinkesprov – Puskesmas Botupingge, Kabupaten Bone Bolango menggelar Gerakan Terpadu Pandu Patuh (Gardu) PTM dan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis), Selasa (28/02/2023) bertempat di lapangan samping puskesmas.

Kegiatan diawali dengan senam sehat bagi lanjut usia (lansia) ini diikuti kurang lebih 1000 orang yang berasal dari 9 desa yang ada di wilayah kerja Puskesmas Botupingge. Peserta sangat antusias mengikuti tahapan kegiatan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo diwakili Sub koordinator Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa, Iswan Ahmad menjelaskan bahwa Gardu Pandu PTM merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat.

Skrining Penyakit Tidak Menular

“Tujuannya untuk meningkatkan capaian program PTM khususnya yang termasuk pada SPM 6 yaitu usia produktif, SPM 8 hipertensi dan SPM 9 yaitu diabetes melitus,” kata Iswan.

Iswan menilai kegiatan ini sangat bagus untuk merangsang masyarakat memeriksakan diri secara dini untuk pencegahan penyakit tidak menular.

“Harapannya kegiatan ini berlanjut di seluruh wilayah Bone Bolango bukan hanya Botupingge saja dan lebih umum di seluruh provinsi Gorontalo mudah-mudahan bisa diikuti kabupaten serta puskesmas-puskesmas yang lain,” imbuhnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango, Meyrin Kadir mengatakan Gardu Pandu PTM dan Prolanis yang dilakukan secara massal adalah yang pertama dilaksanakan di wilayah Bone Bolango.

“Kegiatan seperti ini akan terus menerus kita laksanakan bukan hanya di puskesmas Botupingge tapi bisa dilaksanakan oleh Puskesmas di daerah lainnya karena kita disini ada 20 puskesmas harapannya 19 puskesmas pun bisa melaksanakan kegiatan yang melibatkan begitu banyaknya masyarakat yang ada di wilayah kerjanya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala puskesmas Botupingge, Sri Susanty Hippy selaku tuan rumah mengatakan kegiatan pandu patuh PTM dan Prolanis adalah kegiatan yang dilaksanakan setiap bulan tetapi dalam meningkatkan cakupan SPM, maka untuk bulan Pebruari dilaksanakan secara massal dengan melibatkan lintas program, lintas sektor dan organisasi profesi kesehatan.

Pemberian penghargaan kepada pasien paling rajin datang melakukan pemeriksaan kesehatan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango Meyrin Kadir.

“Ini dihadiri peserta berjumlah sekitar 1000 orang dan dibantu oleh Ikatan Dokter Indonesia dan Persatuan Perawat Indonesia (PPNI) berikut dari desa dan kecamatan juga turut membantu,” ucap Susanty.

Gardu Pandu Patuh PTM dan Prolanis melaksanakan Skrining Penyakit Tidak Menular meliputi Pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat yang dilakukan oleh kader kesehatan desa yang telah dilatih dan didampingi oleh perawat dari PPNI. Selain itu juga kegiatan ini melibatkan laboratorium swasta yang melakukan pemeriksaan menyeluruh bagi peserta yang mempunyai BPJS Kesehatan.

Pada kesempatan itu juga diserahkan berbagai penghargaan kepada pasien paling rajin datang melakukan pemeriksaan kesehatan, kader kesehatan desa yang berprestasi dan berbagai hadiah doorprize yang disediakan oleh sponsor.

Rilis : MD
Videografer : Reza/ILB
Foto : AIS
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − three =

scroll to top
Bahasa »