Puncak Hari Gizi Nasional, dr Yana ajak Persagi Fokus Upaya Promotif dan Preventif

IMG-20220521-WA0007.jpg

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Yana yanti Suleman, SH saat memberikan Sambutan pada Puncak Peringatan Hari Gizi Nasional Ke-62 Tahun 2022.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Puncak Peringatan Hari Gizi Nasional ke-62 tahun 2022 diperingati oleh Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Provinsi Gorontalo, Sabtu (21/05/2022) di Auditorium Poltekkes Kemenkes Gorontalo.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman, SH., memberikan apresiasi terhadap eksistensi Persagi dan menjadi mitra pemerintah dalam bidang kesehatan, khususnya penanganan masalah gizi terutama stunting.

“Cegah Stunting dan obesitas itu kata kuncinya adalah sinergitas karena kesehatan sudah bergerak, BKKBN, Bapppeda bahkan masyarakat itu sendiri sudah bergerak namun ketika tidak sinergi tidak akan optimal hasil yang kita dapatkan”, ucap dr. Yana dalam sambutannya.

Kadinkes dr. Yana juga menekankan bahwa transformasi dibidang kesehatan yang diutamakan adalah upaya promotif dan preventif.

“Saat ini sebenarnya anggaran terbesar kesehatan ada di kuratif dan rehabilitatif dan itu tentu juga tidak akan habis-habisnya, tidak akan selesai apabila kita pindah fokus kita kearah pencegahan promotif dan preventif”, kata dr. Yana.

Pentingnya promotif dan preventif jika kita analogikan dengan pencegahan stunting dan obesitas sekarang ini.
“Kita ketahui bersama dengan adanya stunting dan obesitas tentunya semua penyakit akan mudah diidap, nah gizi menjadi jawaban disini”, ungkap mantan Direktur RSUD dr. Hasri Ainun Habibie.

Untuk itu, dr. Yana berharap Persagi bersama-sama sebagai mitra pemerintah untuk senantiasa mengedepankan upaya promotif dan preventif yang selama ini sudah dilakukan.

“Ingin saya tekankan bahwa advertising itu sangat mahal, maka itu saya juga akan mengadvokasi Pak Gubernur untuk menambah (anggaran) untuk titik berat kita fokus ke promotif dan preventif, namun diikuti dengan dukungan anggaran tentunya”, pungkasnya.

Diakhir sambutan dr. Yana mengucapkan selamat memperingati puncak Hari Gizi Nasional ke-62 tahun 2022. Adapun rangkaian kegiatan pada Puncak Peringatan Hari Gizi Nasional Tingkat Provinsi yaitu Diskusi Ilmiah, Anugerah Gizi Gorontalo Award dan Launching Salam Gizi.

Rilis : MD/ILB
Foto/Videografer : Sari/Rasya
Streaming : Reza
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − twelve =

scroll to top