Kadinkes dr. Yana : Seluruh Klinik Pratama Harus Sudah Terakreditasi Tahun 2023

IMG-20220520-WA0009.jpg

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman, SH., membuka Workshop Akreditasi Klinik Pratama.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman, SH., membuka pelaksanaan Workshop Akreditasi Klinik Pratama yang dilaksanakan oleh Asosiasi Klinik (Asklin) Gorontalo, Jum’at (20/05/2022) di Hotel Damhil, Kota Gorontalo.

Kadinkes mengatakan pelayanan primer di Indonesia dilayani oleh Puskesmas dan klinik. Di Provinsi Gorontalo belum ada Klinik Pratama yang terakreditasi.

“Sesuai dengan amanat permenkes nomor 46 tahun 2015 seluruh klinik Pratama harus sudah diakreditasi dan kami menargetkan tahun 2023 harus sudah terakreditasi”, ucap dr. Yana saat diwawancarai tim Infokom.

Setelah Workshop ini kata dr. Yana, akan dilanjutkan dengan tahapan pendampingan dan mengimplementasikan atau mengaplikasikan dari proses akreditasi.

“Dengan adanya kegiatan akreditasi kita dapat menjamin mutu dan kualitas pelayanan kepada pasien dimana pasien safety dan petugas juga harus safety itu akan terpenuhi”, kata dr. Yana.

Kadinkes berharap setelah terakreditasi bukan hanya sebatas mendapat sertifikat tetapi harus dipertahankan dan dilaksanakan terus-menerus.

“Jangan sampai setelah terakreditasi kita kembali seperti sebelum terakreditasi dimana kita melayani tidak terstandar dan proses akreditasi ini dilaksanakan setiap 3 tahun untuk memastikan pelayanan sesuai standar”, pungkasnya.

Saat ini jumlah klinik yang ada di Provinsi Gorontalo sebanyak 43 dengan rincian 2 klinik utama dan 41 klinik pratama.

Rilis : MD/ILB
Foto : Reza
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + seventeen =

scroll to top