PKB Dekatkan Akses Layanan Kesehatan Di Daerah Terpencil

IMG-20210522-WA0001-e1621641677559.jpg

Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman, SH., memberikan Sambutan dan Membuka Pertemuan Evaluasi Pelayanan Kesehatan di Grand Q Hotel Kota Gorontalo, Jum'at (21/05/2021)

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman mengatakan pelayalanan kesehatan di daerah terpencil harus lebih dioptimalkan, melalui program Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB).

Pelayanan ini dilakukan dengan mengunjungi lokasi terpencil, melakukan pendataan, pemberian obat-obatan, serta melakukan pengecekan kondisi kesehatan masyarakat setempat, dan menyelesaikan masalah kesehatan. Yana mengatakan terdapat dua lokasi yang masuk dalam program pelayanan kesehatan bergerak yaitu Desa Sari Tani, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo, dan Kecamatan Pinogu Kabupaten Bone Bolango.

“Yang namanya bergerak berarti tim itu menuju lokasi tersebut, yang ingin kami capai saat melakukan pelayanan kesehatan bergerak, kita dapat menyelesaikan masalah kesehatan, secara langsung di daerah terjauh,” kata dr. Yana usai membuka acara evaluasi pelayanan kesehatan tingkat provinsi, yang digelar di Hotel Grand Q Kota Gorontalo, Jum’at (21/05/2021)

Lebih lanjut, ia menambahkan dalam mengoptimalkan layanan kesehatan bergerak Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan Kabupaten serta Puskesmas juga bekerja sama. Dirinya menilai ini merupakan salah satu program yang sangat bagus, dan harus ditingkatkan.

“Yang kita harapkan bukan hanya data, namun juga masyarakat di wilayah tersebut angka kesakitan yang menurun, kesehatanya meningkat, sehingga generasi mudanya bisa menjadi generasi unggul, dan terpelihara kesehatannya. Jika ditemukan komorbid maka bisa dijaga dan dipantau oleh petugas kesehatan,” pungkasnya.

Rilis : Sari (gps)
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + fifteen =

scroll to top