Persiapan Vaksinasi Covid-19, Dinkes Provinsi Laksanakan Rapat Koordinasi

IMG-20210105-WA0015.jpg

Rapat Koordinasi Persiapan Vaksinasi Covid-19 di Provinsi Gorontalo dengan lintas sektor secara virtual dipimpin oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman, SH., Senin (04/01/2021) di Aula Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Selasa (05/01/2021) melakukan rapat dalam rangka persiapan pelaksanaan vaksinasi di Provinsi Gorontalo. Rapat tersebut dilaksanakan secara daring yang diikuti oleh KKP Gorontalo, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit se-Provinsi Gorontalo.
Vaksinasi atau yang juga disebut imunisasi adalah pemberian vaksin ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit, khususnya Covid-19.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman, SH, pertemuan tersebut bertujuan untuk melakukan persiapan dalam pelaksanaan distribusi, penyimpanan vaksin sampai pada tenaga dalam proses vaksinasi yang akan dilaksanakan di Provinsi Gorontalo serta launching serentak secara nasional pelaksanaan vaksinasi direncanakan pada tanggal 13 januari 2021 mendatang.

“Pelaksanaan launching tersebut dibagi dalam 3 kelompok yaitu pertama tingkat pusat kepada pejabat publik negara, tingkat daerah kepada Gubernur, Walikota, Bupati, Sekretaris Daerah, Forkopinda, Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD. Yang kedua kepada Pimpinan Organisasi Kesehatan dan ketiga kepada para Tokoh Agama”, ungkap dr. Yana.

Selanjutnya masing-masing Provinsi akan melakukan vaksinasi kepada tenaga kesehatan yang ada di Provinsi sampai di Kabupaten dan Kota. dr. Yana berharap masing-masing Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dapat memastikan data yang akurat terkait jumlah tenaga kesehatan yang siap melaksanakan vaksinasi.

Ditambahkannya, pelaksanakan sosialisasi yang masif kepada masyarakat sampai ke pelosok desa tentang manfaat vaksinasi ini juga perlu untuk dilakukan. Disamping itu juga, diharapkan agar dapat membentuk pokja-pokja KIPI sampai ke desa yang sudah memiliki strategi yang jelas pada pelaksanaan vaksinasi di lapangan.

“Untuk setiap Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo, pada tiga hari sebelum launching nasional pelaksanaan vaksinasi dapat memasukan semua data lengkap persiapan vaksinasi dengan menggunakan form laporan yang sama”, pungkas dr. yana.

Sebelumnya, Rapat Koordinasi bersama lintas sektor terkait telah dilaksanakan sehari sebelumnya, Senin (04/01/2021) yang dihadiri oleh BPBD Provinsi Gorontalo, Balai POM di Gorontalo dan Polda Gorontalo serta Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

Rilis : Stevi / Monic
Foto : ILB
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 7 =

scroll to top