Perkuat Penanganan Kesehatan Jiwa, Kemenkes dan Dinkes Provinsi Bentuk Tim DKJPS

IMG-20211102-WA0011.jpg

Rapat Penguatan dan Pembentukan Tim Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial di Provinsi Gorontalo

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melaksanakan rapat penguatan dan Pembentukan Tim Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial (DKJPS) di Provinsi Gorontalo, Senin (01/11/2021) di Aula Kantor Dinas Kesehatan Provinsi.

Direktur Pencegahan Pengendalian (P2) Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza, Ditjen P2P Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr. Celestinus Eigya Munthe mengungkapkan pertemuan kali ini pihaknya mendorong bagaimana pembentukan tim yang mampu menyelesaikan masalah kesehatan jiwa utamanya saat Pandemi Covid-19.

“Karena masalah gangguan kesehatan jiwa yang dialami setiap orang semakin hari semakin meningkat,” ungkapnya saat diwawancarai usai kegiatan.

Lanjutnya, dari hal tersebut pihaknya akhirnya membentuk tim dalam mengupayakan peningkatan pemahaman masyarakat untuk mengetahui sejauh mana pentingnya kesehatan jiwa mereka.

“Hal ini juga kita dukung dengan penandatanganan kesepakatan layanan kesehatan jiwa untuk mendorong layanan kesehatan jiwa sesuai standar pelayanan minimal di Provinsi Gorontalo,” ujarnya.

dr. Munthe mengatakan, tim ini merupakan integrasi dari Kemenkes dan beberapa organisasi profesi untuk membangun jaringan dalam menguatkan program layanan kesehatan jiwa.

“Dan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo adalah penanggung jawabnya,” tegasnya.

Dirinya menuturkan, beberapa organisasi yang termasuk didalamnya ialah Perhimpunan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia (PDSKJI) wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo, Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa wilayah Gorontalo, Ikatan Psikologi Klinis wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo, Ikatan Pekerja Sosial.

“Ini yang nantinya akan membentuk rencana kerja dalam menerapkan pelayanan kesehatan jiwa di Provinsi Gorontalo,” tandasnya.

Ditempat yang sama Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Reyke Uloli, SKM., M. Kes., mengatakan pihaknya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan jiwa juga sedang memonitoring pelayanan kesehatan jiwa yang masih banyak belum terdeteksi di Provinsi Gorontalo.

“Olehnya kita membentuk tim resmi yang berdiri pada hari ini untuk berintegrasi dalam menciptakan pelayanan kesehatan jiwa di Provinsi Gorontalo,” katanya.

“Harapannya ini dapat diikuti oleh seluruh aspek khsusnya di Provinsi Gorontalo baik Kabupaten/Kota dalam pembentukan tim serta penanganan kesehatan jiwa,” pungkasnya.

Rilis : Putra (gps)
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × five =

scroll to top