Peringati Hari AIDS Sedunia, Dinkes Provinsi Lakukan Test HIV Di Lapas Kelas II Gorontalo

WhatsApp-Image-2020-12-02-at-11.25.29.jpeg

Foto bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda E. U. Nalole dan Tim bersama Kalapas Kelas II Gorontalo Ignatius Gunaidi dan jajaran pada kegiatan test HIV serentak dalam rangka Puncak Peringatan Hari AIDS Sedunia, Selasa (01/12/2020) di Lapas Kelas II Gorontalo

Kota Gorontalo, – Puncak Peringatan Hari AIDS Sedunia diperingati secara virtual yang diikuti oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda E. U. Nalole, M.Si., Kalapas Kelas II Gorontalo Ignatius Gunaidi, Bc. IP., S. Pd., Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Sabri Panigoro, SKM., M. Kes., dan perwakilan Kantor Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, Selasa (01/12/2020) bertempat di lapas kelas II Gorontalo.

Selain mengikuti kegiatan secara virtual, juga dilaksanakan test HIV serentak di seluruh provinsi dan berhasil meraih rekor MURI.

Kadinkes Misranda E. U. Nalole mengungkapkan pelaksanaan test HIV pada puncak peringatan Hari AIDS Sedunia, Kemenkes memberikan target pemeriksaan sebanyak 120 orang.

“Tujuannya untuk melihat sejauh mana penyebaran, mudah-mudahan ditempat ini tidak ditemukan karena setiap tahun data oengidap HIV semakin bertambah dan ini menjadi perhatian pemerintah Provinsi Gorontalo dalam hal ini Dinas Kesehatan bagaimana mengurangi dengan cara mengedukasi masyarakat khususnya para remaja” ucapnya.

Kadinkes Provinsi Gorontalo Misranda E. U. Nalole dan Kalapas Kelas II Gorontalo Ignatius Gunaidi saat mengikuti Puncak Peringatan Hari AIDS Sedunia secara virtual bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Sementara itu, Misranda berharap 3 Zero dapat dicapai walaupun dengan anggaran kecil dan dengan melihat kembali kegiatan dan program yang dilaksanakan KPA sinergi dengan program Dinas Kesehatan Provinsi.

“Supaya dengan anggaran yang kecil kita bisa bersama-sama turun bekerja sama untuk bisa mengendalikan atau mengurangi yang terpapar dengan HIV AIDS” beber Misranda.

Di tempat yang sama Kalapas Kelas II Gorontalo Ignatius Gunaidi mengucapkan terima kasih atas bantuan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kota dengan adanya test HIV semakin cepat diketahui dan ditangani.

“Kita akan langsung rujuk ke penanganan lebih lanjut dan kita punya tim medis untuk penanganan HIV AIDS” kata Ignatius.

Ignatius juga menjelaskan sebelumnya telah dilakukan test HIV pada 120 kepada warga binaan dan belum ditemukan kasus.

“Untuk target hari ini 120 namun kita persiapkan bisa 150 dan sampai hari ini masih nihil untuk hasil kemarin” pungkasnya.

Pada test HIV yang dilaksanakan berhasil melakukan pemeriksaan sebanyak 195 warga binaan dan 1 orang perlu pemeriksaan lanjutan di rumah sakit.

Rilis : MD/ILB
Foto/Video : Reza/AIS
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven + eighteen =

scroll to top