Konsumsi Makanan Berlebih Menjadi Faktor Risiko Penyakit

40770d34-7632-42a2-8681-392192cffcad.jpg

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Anang S. Otoluwa saat memberikan sambutan pada pertemuan Evaluasi Germas

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Makanan bukan merupakan sumber penyakit tetapi justru menyehatkan. Akan tetapi makan yang berlebihan akan menjadi penyebab timbulnya penyakit.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Anang S. S. Otoluwa saat memberikan sambutan pada Pertemuan Evaluasi Germas, Jum’at (22/09/2023) di Grand Q Hotel Kota Gorontalo.

Menurut Anang, beberapa rempah atau zat yang dapat menyebabkan atau menjadi faktor risiko penyakit adalah garam dan gula, selain itu juga makanan yang mengandung lemak.

“Apabila dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan penyakit diantaranya hipertensi dan kolesterol meningkat. Sehingga dengan Germas bisa mengontrol atau mencegah konsumsi yang berlebihan,” ucap Anang.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengurangi atau bahkan tidak mengkonsumsi makanan enak yang berlebihan dengan menerapkan Germas dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Anang berharap mengurangi atau tidak konsumsi ketiga zat penyedap rasa tersebut dapat dimulai dari rumah masing-masing ketika isteri atau ibu memasak untuk keluarga, pungkasnya.

Rilis : MD/ILB
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + 10 =

scroll to top
Bahasa »