Perencanaan Harus Tepat dan Akurat Agar Ketersediaan Obat Sesuai

WhatsApp-Image-2023-03-21-at-15.10.36.jpg

Pertemuan Perencanaan Kebutuhan Obat dan vaksin dan perbekalan kesehatan.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Ketersediaan obat yang cukup dan berkesinambungan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan akan sangat menentukan mutu pelayanan kesehatan. Hal ini tentu diawali dengan perencanaan yang matang dan benar-benar valid. Sebab komoditi farmasi sangat berbeda dengan komoditi yang lain. Dimana bila obat itu kurang akan menimbulkan banyak masalah dan apabila berlebih juga akan banyak menimbulkan masalah.

Hal itu disampaikan Koordinator Program Kefarmasian, Alkes dan PKRT, Farid I. Adam pada Pertemuan Perencanaan Kebutuhan Obat dan vaksin dan perbekalan kesehatan, Selasa (21/3/2023) di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo.

“Oleh karena itu perencanaan yang tepat dan akurat sangat diperlukan. Hal ini bisa diperoleh bila mana kita betul betul memperhatikan data-data pendukung seperti data sisa stok, data rata-rata pemakaian perbulan, tingkat kunjungan kasus, penemuan kasus baru, jumlah sasaran program, informasi harga obat, serta anggaran yang tersedia,” jelas Farid.

Selain itu kata Farid, koordinasi antara pengelola obat mulai dari tingkat Provinsi sampai ketingkat Puskesmas juga harus terjalin dengan baik untuk meminimalisir masalah terkait ketersediaan obat di fasilitas pelayanan kesehatan.

Penyediaan obat baik obat Pelayanan Kesehatan Dasar (PKD) ataupun obat Program yang akurat dan tepat sasaran juga sangat mendukung upaya penurunan stunting baik obat yang terkait dengan pengendalian penyakit, perbaikan gizi dan penggunaan untuk ibu hamil, ibu nifas dan menyusui, bayi serta balita.

“Pertemuan ini diharapkan dapat menghasilkan rencana kebutuhan obat yang sesuai kebutuhan, sesuai dengan sasaran yang ada agar kebutuhan obat terpenuhi dan sebisa mungkin terhindar dari obat yang expired date,” tandasnya.

Peserta pada kegitan ini adalah pengelola obat program dan petugas instalasi farmasi dinas kesehatan provinsi, kabupaten dan kota. Menghadirkan narasumber dari Direktorat Pengelolaan dan Pelayanan Kefarmasian Dirjen Farmalkes Kemenkes RI.

Rilis : Zhya/MD
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 5 =

scroll to top
Bahasa »