Pentingnya Data PIS-PK Dalam Mendukung Integrasi Layanan Primer

IMG-20230711-WA0020.jpg

Penjabat Sekda Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Salah satu pilar Transformasi Kesehatan yang saat ini sudah digaungkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah transformasi layanan primer dengan fokus mengintegrasikan layanan kesehatan sesuai siklus hidup manusia melalui upaya promotif dan preventif. Hal itu dilaksanakan oleh Puskesmas dan jejaringnya.

Untuk mendukung hal tersebut, fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama harus mempunyai data yang valid dan reliabel sehingga intervensi kesehatan tepat sasaran dan hal itu telah dilakukan oleh Puskesmas dengan selalu mengupdate data PIS-PK (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga).

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Budiyanto Sidiki saat membuka Workshop Manajemen Integrasi Layanan Primer yang diintegrasikan dengan Rakor PIS-PK, Selasa (11/07/2023) bertempat di Hotel Elmadinah mengatakan pentingnya kegiatan ini dalam rangka sinkronisasi data PIS-PK.

“Data PIS-PK cukup bagus dan mungkin sekian lama tidak dilakukan pengembangan, oleh sebab itu kegiatan ini baik sekali karena data PIS-PK itu akan menjadi basis data dalam rangka mengintervensi persoalan-persoalan terkait dengan upaya mengatasi derajat kesehatan masyarakat karena basis datanya adalah di tingkat Puskesmas Pembantu sehingga bisa kita bisa proyeksikan dengan data-data lainnya berbasis desa by name by address,” ucap Budi.

Penjabat Sekda menekankan integrasi data tersebut dengan satu data Indonesia sehingga bisa dimanfaatkan oleh pemerintah daerah.

“Kita sudah pernah menjajaki untuk kerjasama dengan Pusdatin Kementerian Kesehatan dan itu sudah merupakan bagian dari regulasi di dalam konsep satu data Indonesia, jadi walaupun mereka data sektor tetapi bisa kita integrasikan dengan pendekatan apa interface untuk bisa ditarik ke dalam satu data Indonesia provinsi Gorontalo,” pungkas Budi.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari mulai tanggal 10 – 13 Juli 2023 dengan peserta dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Puskesmas Lokus Integrasi Layanan Primer.

Rilis : MD
Foto : Andi
Videografer : ILB
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 + eight =

scroll to top
Bahasa »