Penguatan Pengolahan dan Analisis Data Program Mendukung Transformasi Kesehatan

IMG-20211030-WA0012.jpg

Workshop Identifikasi Dan Penguatan Pengolahan, Analisis Data Program Kesehatan Tahun 2021 bertempat di Hotel Damhil Kota Gorontalo, Jumat (29/10/2021)

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo menggelar Workshop Identifikasi dan Penguatan Pengolahan dan Analisis Data Program Kesehatan Tahun 2021 dirangkaikan dengan Diseminasi Hasil Riset Pembinaan Kesehatan Deerah Tahun 2020, di Hotel Damhil, Kota Gorontalo, Kamis (28/10/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman mengungkapkan workshop ini merupakan tindaklanjut pelaksanaan Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Gorontalo.

“Saat ini Kementerian Kesehatan sementara membangun yang namanya Transformasi Kesehatan dalam hal mengatasi program yang masih terpisah-pisah agar terintegrasi dengan baik,” ungkapnya.

Yana menjelaskan, menindaklanjuti hal tersebut Gorontalo saat ini juga sementara melakukan pengembangan data dalam rangka melaksanakan kebijakan maupun program kedepannnya. Pasalnya data yang diperlukan dalam melaksanakan program itu sudah ada namun belum terintegrasi dengan baik.

“Jadi untuk itu workshop ini dilaksanakan agar kedepannya data itu bisa dilihat dan diakses oleh berbagai pihak termasuk kita dan masyarakat yang membutuhkannya,” ujarnya.

Lanjutnya, workshop ini juga sebagai bagian dari identifikasi data yang harus dipersiapkan baik program, data dari berbagai instansi lain dan beberapa data hasil riset untuk nantinya digunakan dalam pengambilan kebijakan. Data ini kemudian yang diindentifikasi per progam baik beberapa data pengendalian penyakit, perorangan, masyarakat, medical record, misalnya presentasi orang menggunakan jamban, orang terpapar Covid-19 dan lainnya.

“Data ini yang kita akan lihat dan dijadikan sebagai dasar pelaksanaan program maupun kebijakan,” katanya.

“Dan hal ini kita lakukan juga untuk peningkatan terhadap pelaksanaan pelayanan terhadap masyarakat,” imbuhnya.

Terakhir dirinya menyampaikan, dengan adanya data yang terkelola dengan baik tentunya pihaknya pada saat menyusun sebuah perogram maka dari situ juga keberhasilan sebuah program dapat diukur dengan baik.

“Harapannya apa yang kita gaungkan hari ini tentunya bisa berjalan dengan baik, dan data yang berbasis digital dapat dilihat juga diterapkan oleh semua pihak,” tandasnya.

Rilis : Putra (gps)
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × three =

scroll to top