Pemenuhan Darah Dimasa Pandemi Covid-19, UTD PMI Kerjasama Dengan 10 Rumah Sakit

IMG-20200620-WA0003.jpg

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara UTD PMI dengan RS dalam rangka pemenuhan darah dimasa pandemi Covid-19, Jum'at (19/06/2020) di Polda Gorontalo

Kabupaten Gorontalo, Dinkesprov – Pemenuhan darah dimasa pandemi Covid-19 merupakan kebutuhan yang mendesak dan penting dalam rangka memberikan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan. Hal itu yang mendorong UTD Palang Merah Indonesia Gorontalo melakukan Penandatanganan Kerjasama dengan rumah sakit di Provinsi Gorontalo, Jum’at (19/06/2020) bertempat di Polda Gorontalo.

Pelaksanaan kerjasama ini disambut baik oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda E. U. Nalole, M.Si., saat menyaksikan secara langsung. Menurutnya Keterlibatan lintas sektor terkait dalam pemenuhan kebutuhan darah sangat tepat.
“Untuk memenuhi kebutuhan darah PMI tidak bisa bergerak sendiri, dengan melibatkan lintas sektor terkait akan semakin meningkatkan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat” kata Misranda.

Pelaksanaan kegiatan ini juga dalam rangka meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui program penurunan angka kematian ibu, dibutuhkan peningkatan kualitas pelayanan darah sebagai salah satu pelayanan kesehatan dasar.
“Untuk meningkatkan kualitas pelayanan darah dan menurunkan angka kematian ibu perlu dilakukan kerja sama antara unit transfusi darah serta rumah sakit sebagai fasilitas pelayanan kesehatan rujukan lanjutan” jelas Misranda.

Selain itu, Kadinkes memberikan apresiasi atas partisipasi dan keterlibatan Polda Gorontalo dalam memenuhi kebutuhan darah sehingga stok kebutuhan tetap ada untuk kepentingan emergency.

“Apresiasi untuk Pak Kapolda dan jajarannya atas dukungannya dan kami berharap kegiatan donor darah ini dapat berlangsung terus-menerus secara berkesinambungan, karena darah yang didonorkan akan memberikan kehidupan bagi yang membutuhkan” tandasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Gorontalo, Ketua PMI Provinsi Gorontalo, Kapolda Gorontalo, Kabid Yankes dan Kasie Yankes Primer dan Kestrad Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, kepala UTD PMI, beserta direktur 6 RSUD dan 4 RS swasta. Serta donor darah oleh anggota TNI Polri dengan jumlah pendonor 106 orang.

Rilis : MD & Vita
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × one =

scroll to top