Misranda : Keterlibatan Masyarakat Sangat Penting Dalam Penanganan Covid-19

IMG-20200714-WA0054.jpg

Talkshow dengan tema Covid-19 dan Permasalahannya, Selasa (13/07/2020) di Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Gorontalo

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Penanganan Virus Corona (Covid-19) di Provinsi Gorontalo perlu keterlibatan masyarakat. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Misranda Nalole saat Talkshow Covid dan Permasalahannya, Selasa (14/7/2020).

Menurut Misranda, keterlibatan masyarakat sangat penting untuk mendukung penanganan covid-19 di Gorontalo. Masyarakat dapat membantu dengan disiplin melaksanakan protokol kesehatan, serta membantu tim kesehatan dalam melakukan tracking.

Misranda memaparkan permasalahan yang sering muncul di masyarakat adalah sering melakukan penolakan ketika dilakukan swab untuk RT PCR, rapid test, bahkan saat hendak dijemput untuk karantina.

“Anggapan mereka bahwa mereka sehat-sehat saja. Padahal mereka tergolong orang tanpa gelaja (OTG) yang bisa saja menularkan virus corona kepada orang lain,” ungkap Misranda.

Masalah lainnya menurut Misranda adalah masyarakat beranggapan bahwa virus corona tidak benar ada dan hanya sebuah proyek. Agar tim kesehatan atau rumah sakit memperoleh keuntungan ratusan juta rupiah.

“Padahal ini semua tidak benar. Kita telah menjalankan tugas sesuai prosedurnya,” kata Misranda menegaskan.

Lebih lanjut, Misranda mengungkapkan saat ini tenaga kesehatan masih terus berjuang untuk merawat pasien covid. Mereka tak bisa pulang berbulan-bulan bersama keluarga karena menjalankan tugas di ruang isolasi pasien covid-19.

“Akhir-akhir ini, banyak tenaga kesehatan yang ikut terpapar virus corona. Bahkan ada sudah dari dokter spesialis. Kita berharap seluruh pasien di Gorontalo akan segera sembuh,” ungkapnya.

Disamping itu, ia mengatakan saat ini Pemerintah Provinsi Gorontalo telah melakukan banyak upaya untuk penanganan virus corona di Gorontalo.

“Dukungan pemerintah daerah sangat besar kepada kami. Kami berharap semua komponen bisa bahu-membahu memutus mata rantai covid-19 di Gorontalo,” tandasnya.

Rilis : Muhajir
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 3 =

scroll to top