Gorontalo Kedatangan 7.800 Vial Vaksin Pfizer-BioNTech

IMG-20211011-WA0020.jpg

Vaksin Pfizer-BioNTech yang tiba di Instalasi Farmasi Provinsi

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Provinsi Gorontalo kembali menerima vaksin baru yaitu Pfizer-BioNTech atau yang dikenal juga dengan nama vaksin Comirnaty sebanyak 7800 vial atau 46.800 dosis. Proses penerimaan dilakukan di lobi kantor Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Senin (11/10/2021).

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Suleman Mile, SKM., M. Kes., mengatakan vaksin Pfizer-BioNTech adalah jenis vaksin keempat yang diterima Provinsi Gorontalo.
“Di Gorontalo sudah ada 4 jenis vaksin yang diberikan ke masyarakat yaitu Sinovac, AstraZeneca, Moderna dan yang kami terima sekarang adalah Pfizer”, kata Suleman.

Penggunaan vaksin Pfizer telah mendapat Emergency Use Autorization (EUA) atau ijin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
“Jadi mutu dan keamanannya sudah terjamin sehingga bisa digunakan untuk orang berusia diatas 12 tahun”, ungkapnya.

Vaksin Pfizer ini akan segera didistribusikan ke Kabupaten dan Kota sesuai dengan alokasi yang sudah ditetapkan pusat.
“Pendistribusian sendiri akan dikawal oleh TNI-Polri seperti yang kita lihat sekarang pada saat menerima vaksin ini”, pungkasnya.

Pemberian vaksin Pfizer dilakukan secara intramuscular dengan dosis yang digunakan adalah 0,3 ml dengan dua kali penyuntikan dalam rentang waktu tiga minggu. Adapun efikasi vaksin ini sebesar 95,5% untuk usia 16 tahun keatas dan bagi remaja 12-15 tahun menunjukkan efikasi hingga 100%.

Hingga saat ini kejadian reaksi (KIPI) yang paling sering timbul di antaranya nyeri pada tempat suntikan, kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, menggigil, nyeri sendi, dan demam.

Rilis : MD/ILB
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − 1 =

scroll to top