Mini Lokakarya, Puskesmas Perlu Diperkuat Prevensi, Deteksi dan Respon Sebagai FKTP

WhatsApp-Image-2020-07-29-at-12.50.56.jpeg

Minilokakarya puskesmas yang diselenggarakan di Puskemas Bilato, Kabupaten Gorontalo, Jum'at (24/07/2020)

Kabupaten Gorontalo, Dinkesprov – Dalam upaya menginplementasikan Permenkes 44 tahun 2016 tentang Pedoman Manajemen Puskesmas untuk memaksimalkan peran puskesmas dalam meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melaksanakan pendampingan kegiatan minilokakarya puskesmas yang diselenggarakan di Puskemas Bilato, Kabupaten Gorontalo, Jum’at (24/07/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Andriyanto Abdussamad, SKM., M. Kes., Kasie Pelayanan Kesehatan Primer dan Tradisional Nisma Abdurrahman, SKM., M. Kes., Pengelola Program, unsur Dinkes Kabupaten Gorontalo, Kepala Puskesmas Bilato dan jajarannya.

Menurut Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Andriyanto Abdussamad, SKM, M.Kes, pelaksanaan minilokakarya puskesmas ini sebagai implementasi terhadap amanat permenkes tentang manajemen puskesmas serta sebagai bentuk dukungan kepada puskesmas dalam melaksanakan tugasnya sebagai penyelenggara layanan kesehatan di wilayahnya.

“Dukungan sebagaimana dimaksud adalah melalui kegiatan perencanaan, penggerakkan dan pelaksanaan, pengawasan pengendalian dan penilaian kinerja”, ujar Yanto, sapaan akrabnya.

Dijelaskannya pula bahwa peran puskesmas perlu di perkuat dalam hal prevensi, deteksi dan respon sesuai kewenangannya sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama.

“Namun disisi lain, puskesmas juga memiliki tugas dan fungsi menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan dalam rangka pemenuhan standar pelayanan minimal bagi masyarakat tidak boleh ditinggalkan selama masa pandemi ini berlangsung”, pungkasnya.

Rilis : Neki / Andi
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 + 4 =

scroll to top