Ka’SaPa Hadirkan Duta Saka Bakti Husada Provinsi Gorontalo

IMG-20231101-WA0015.jpg

Ka'SaPa hadir di SEN 66 Kota Gorontalo.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka bersama Dinas Kesehatan Provinsi dan Saka Bakti Husada Daerah melaksanakan sosialisasi Kantin Aman Sehat Ala Pramuka (Ka’SaPa) dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang telah dimulai sejak tanggal 26 September hingga akhir Nopember 2023 di sekolah terpilih yang ada di Provinsi Gorontalo.

Pada kesempatan itu, Saka Bakti Husada Daerah menghadirkan Duta SBH Putra, Provinsi Ahmad Citro Demolingo memberikan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Sedangkan untuk kegiatan yang akan dilaksanakan di kabupaten lain akan dihadirkan Duta SBH yang ada di Kwartir Cabang.

Sekretaris Bidang Satuan Karya (Saka), Satuan Komunitas (Sako) dan Gugus Darma Kwarda Gorontalo, Kak Fahmy Syam, Rabu (01/11/2023) di SDN 66 Kota Gorontalo menjelaskan Ka’SaPa adalah salah satu bentuk kepedulian dari kwartir daerah kerjasama dengan Dinas Kesehatan dan BPOM melalui Satuan Karya agar kantin-kantin yang ada di sekolah dari tingkat SD, SMP maupun SMA itu terawasi.

“Sehingga menjadi kantin yang sehat makanannya hygienis yang akhirnya bisa berdampak pada pertumbuhan anak atau peserta didik pada prinsipnya,” jelas Kak Fahmy.

Ka’SaPa diharapkan memberikan dampak positif pada peningkatan pengetahuan warga sekolah dalam pengelolaan kantin bersih, sehat dan hygienis. Kedepannya Ka’SaPa akan dievaluasi secara terus-menerus untuk melihat apakah terjadi perubahan dalam pengelolaan kantin sehat.

“Setiap kegiatan itu pasti ada evaluasi dan itu akan kita bahas selanjutnya langkah dan kira-kira bentuk evaluasinya seperti apa nanti kita bahas kembali,” ujar Kak Fahmy.

Sementara itu, Pinsaka Bakti Husada Daerah Gorontalo, Kak Rosina Kiu mengatakan program ini adalah program untuk mengelola kantin yang sehat dalam rangka perpanjangan jam belajar di seluruh Indonesia.

“Sekolah harus menyiapkan kantin yang sehat sejak mulai anak-anak bisa sarapan dengan baik kemudian makan siang dengan asupan gizi yang baik pula,” imbuh Kak Rosina.

Kak Rosina mengimbau agar sekolah mulai dari SD, SMP dan SMA/SMKs termasuk pesantren dapat menyediakan berbagai makanan yang sehat dan aman di konsumsi oleh warga sekolah.

“Semoga kedepannya sekolah akan lebih mawas diri dalam rangka menyiapkan pangan yang sehat dan untuk dikonsumsi oleh anak-anak sekolah, guru-guru maupun lingkungan sekolah yang ada di sekitar sekolah itu barangkali harapan kami ke depan,” tandas Kak Rosina.

Rilis : MD
Videografer/Foto : ILB/Andi
Video Editor : Reza
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × one =

scroll to top
Bahasa »