Lokus Stunting, Kadinkes Anang Melaksanakan Kunjungan Kerja Di Dulupi

IMG-20230402-WA0007.jpg

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Anang S. Otoluwa.

Kabupaten Boalemo, Dinkesprov – Setelah Kabupaten Pohuwato, giliran Kabupaten Boalemo yang mendapat kunjungan kerja Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Anang S. Otoluwa bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), Minggu (02/04/23). Kali ini kunjungan dilaksanakan pada kegiatan penimbangan posyandu di Desa Dulupi, Kecamatan Dulupi yang juga merupakan desa lokus percepatan penanganan stunting Provinsi Gorontalo.

Ucapan terima kasih dan apresiasi diberikan Kadis Kesehatan kepada seluruh sektor yang terlibat, mulai dari Kecamatan, Desa, Puskesmas hingga kader atas kelancaran pelaksanaan kegiatan posyandu tersebut.

“Apalagi Desa Dulupi ini menjadi lokus penanganan stunting tahun 2023, sehingga perlu menjadi perhatian dan kerjasama untuk mewujudkan capaian tersebut karena stunting menentukan kualitas anak di masa depan,” ujar Anang saat memberikan pembinaan kepada kader dan petugas kesehatan Puskesmas Dulupi.

Anang mengharapkan agar kader dapat mengevaluasi kembali tugasnya dalam melaksanakan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Pengisian Kartu Menuju Sehat (KMS) harus selalu diperhatikan agar pertumbuhan dan perkembangan anak dapat dipantau setiap saat. Sehingga ketika mendapatkan anak yang bermasalah dapat segera diintervensi,” kata Anang.

Lebih lanjut Anang juga mengingatkan tugas Tim Pendamping Keluarga dalam mendampingi anak yang bermasalah kesehatan, baik yang stunting maupun yang mengalami pertumbuhan kurang baik.

“Stunting bukan hal yang instan dapat berubah, perlu upaya dalam kurun waktu yang tidak pendek, apalagi jika hanya diintervensi oleh sektor kesehatan saja. Semua faktor saling mendukung dan mempengaruhi capaian stunting. Oleh sebab itu harus dilaksanakan secara kolaboratif,” pungkas Anang.

Ketua DWP Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Ny. Yustiyanty Anang Otoluwa memberikan penyuluhan gizi.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan penyuluhan tentang pentingnya gizi seimbang oleh Ketua DWP Dinas Kesehatan Provinsi sekaligus konsultan gizi, Ny. Yustiyanty Anang Otoluwa, pengukuran berat badan dan tinggi badan balita, imunisasi dan pembagian PMT. Untuk memotivasi semangat dan mengevaluasi tingkat pemahaman peserta atas penyuluhan yang telah dilaksanakan, Ny. Yustianti memberikan sejumlah kuis kepada peserta yang hadir.

Acara ditutup dengan pemberian souvenir kepada kader posyandu, Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa Dulupi serta Kepala Puskesmas Dulupi dan tenaga kesehatan lainnya sebagai apresiasi atas usaha yang telah dilakukan dalam mengatasi permasalahan kesehatan di wilayah Desa Dulupi.

Rilis : MD
Foto : AIS
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + 15 =

scroll to top
Bahasa »