Kunjungan Wapres, Provinsi Gorontalo Siap Paparkan Inovasi Penurunan Stunting

IMG-20230412-WA0012.jpg

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Anang S. Otoluwa (baju khaki) saat meninjau lokasi Posyandu Ayuhulalo Kelurahan Kayubulan Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo, Senin (10/04/2023).

Kabupaten Gorontalo, Dinkesprov – Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin dan rombongan akan melakukan kunjungan kerja di Provinsi Gorontalo selama 2 (dua) hari, 13 – 14 April 2023.

Salah satu lokasi yang akan dikunjungi Wapres adalah Posyandu Ayuhulalo, Kelurahan Kayubulan, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Adapun tujuan kunjungan Wapres untuk mendapatkan informasi capaian penuŕunan stunting di Provinsi Gorontalo dan apa yang telah dilakukan oleh Posyandu.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Anang S. Otoluwa sangat bahagia atas kunjungan Wapres di Provinsi Gorontalo.

“Tentu ini adalah momen yang sangat penting dan merupakan kehormatan bagi masyarakat Gorontalo atas dukungan Wapres, Gubernur dan Bupati yang akan berkunjung,” kata Anang.

Menurutnya, kedatangan Wapres selaku ketua pengarah Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Pusat kali ini adalah dukungan terhadap pemerintah daerah dalam upaya mempercepat penurunan stunting.

“Dengan kunjungan Wapres ini kami ingin menunjukkan bagaimana upaya dan inovasi yang telah dilakukan daerah untuk melakukan percepatan penurunan stunting dan terbukti Provinsi Gorontalo mengalami penurunan sebesar 5,2 persen dalam kurun waktu satu tahun terakhir,” ungkap Anang.

Langkah-langkah yang dilakukan kata Anang, antara lain melibatkan lintas sektor terkait mulai dari level Provinsi, Kabupaten/Kota hingga di level Desa/Kelurahan. Beberapa upaya pemerintah provinsi diantaranya memperkuat komitmen pimpinan daerah melalui kebijakan daerah dalam bentuk peraturan gubernur, kampanye terstruktur, sistematis dan masif, konvergensi stunting sampai dengan tingkat berisiko stunting, peningkatan ketahanan pangan dan gizi serta pemantauan dan evaluasi.

“Inovasi yang kami lakukan yaitu menyusun Kumpulan Ceramah Ramadhan Stop Stunting dengan pendekatan digital (e-book), gerakan orang tua asuh (Gotas) dan one day one egg (Odoe) yang digagas bersama tim penggerak PKK dan terbukti menunjukkan hasil yang baik dalam penanganan stunting ini yang akan kami paparkan dihadapan Wapres,” pungkasnya.

Selain mengunjungi Posyandu Ayuhulalo, Wapres dihari pertama kunjungannya, Kamis (13/04/2023) akan melaksanakan shalat Tarawih di Masjid Agung Baiturrahim Kota Gorontalo dan e-book Kumpulan Ramadhan Stop Stunting akan dibawakan secara serentak di seluruh mesjid di Provinsi Gorontalo.

Rilis : MD/ILB
Editor :. Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen + 7 =

scroll to top
Bahasa »