Epidemi HIV-AIDS Tunjukkan Akselerasi Yang Cukup Pesat, Butuh Komitmen Kuat Dalam Upaya Pencegahan dan Penanggulangan

IMG-20230406-WA0027.jpg

Pertemuan validasi data kasus HIV-AIDS periode Januari-April 2023.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Epidemi HIV-AIDS di Indonesia menunjukkan akselerasi yang cukup pesat, dimana secara akumulasi dimana tahun 2021 jumlah estimasi akumulasi sebanyak 543.100 dan akumulasi yang ditemukan sejumlah 387.210 (71%) terdiri dari kasus HIV sebanyak 318.111 dan AIDS berjumlah 69.000 kasus.

Di provinsi Gorontalo pada bulan Nopember 2022 sesuai data terdapat 839 kasus diantaranya 414 kasus HIV dan 425 kasus AIDS.

“Jumlah tersebut bukan merupakan kasus sebenarnya karena hanya sebagai temuan yang teridentifikasi oleh petugas layanan yang diperkirakan hanya 10-20% saja dari kasus yang tercatat” ungkap Kadinkes Provinsi Gorontalo Anang S. Otoluwa saat membuka acara validasi data kasus HIV-AIDS periode Januari hingga April 2023, Kamis (06/04/2023) di City Mall Hotel Kota Gorontalo.

Tugas ini, kata Anang membutuhkan kerjasama lintas program dan lintas sektoral dibawah koordinasi mulai dari tingkt provinsi hingga kabupaten/kota dan layanan dalam hal ini rumah sakit, puskesmas klinik, komunitas dan masyarakat.

“KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) harus berperan dalam dalam upaya pencegahan dan penanggulangan yang intensif, menyeluruh, terpadu dan terkoordinasi dan salah satunya adalah melakukan validasi data untuk menganalisis situasi dan perkembangan laju penularan HIV-AIDS” ujar Anang.

Anang mengatakan tidaklah mudah menekan laju epidemi HIV-AIDS karena kompleksnya masalah yang dihadapi yang berubah dengan cepat membutuhkan komitmen yang nyata disertai kesungguhan, keikhlasan dan tekad yang kuat dari seluruh elemen baik tenaga kesehatan dan dukungan masyarakat luas.

“Sehingganya diharapkan upaya pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS akan berhasil dengan baik” pungkasnya.

Pertemuan ini dihadiri oleh Pengelola program Provinsi, Kabupaten/Kota, tim asistensi KPA, petugas layanan VCT RSUD dr. Aloei Saboe, RSUD M.M. Dunda Limboto, RSBP Pohuwato, RSTN Boalemo dan RSUD Toto Kabila Bone Bolango.

Rilis : MD/ILB
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen − twelve =

scroll to top
Bahasa »