Bone Bolango Targetkan Kecamatan Suwawa Deklarasi ODF

IMG-20220916-WA0010.jpg

Pertemuan membangun komitmen dalam rangka kecamatan Suwawa menuju deklarasi ODF.

Kabupaten Bone Bolango, Dinkesprov – Kabupaten Bone Bolango berkomitmen melakukan deklarasi Open Defecation Free (ODF) Kecamatan Suwawa. Jika ini terwujud, maka Kabupaten Bone Bolango akan menjadi yang pertama di Provinsi Gorontalo dalam meng-ODF-kan kecamatan.

ODF atau stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS) merupakan pilar pertama dari lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), dimana Stop BABS merupakan wujud pemberdayaan masyarakat dengan kemandirian mampu merubah perilaku dari sebelumnya buang air besar sembarangan menjadi buang air besar di jamban yang sehat, ini merupakan komitmen tinggi masyarakat dalam upaya pencegahan penyakit berbasis lingkungan.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango, Roos Panai, S. Kep, Ns, MPH., menjelaskan bahwa pelaksanaan ODF ini bisa sukses jika dikerjakan bersama-sama dengan komitmen OPD, lintas sektor terkait serta masyarakat.

“Pada tanggal 8 September 2020, bertempat di Aula Puskesmas Suwawa kami telah melaksanakan pertemuan tentang Geliat Pemda menjadikan kecamatan Suwawa sebagai kecamatan ODF pertama di Provinsi Gorontalo dan ini dihadiri oleh OPD terkait, forum KKS, Dinas Kesehatan, Camat, Kepala desa, kader hingga kepala dusun” tutur Roos saat dihubungi, Kamis (15/09/2022).

Dengan adanya komitmen ini, kata Roos maka bukan tidak mungkin Kabupaten Bone Bolango dapat meraih Kabupaten Sehat dengan pengharapan Swasti Saba Wiwerda.

Sementara itu, Ketua Forum Kabupaten Kota Sehat Bone Bolango Ny. Lolly Pou Yunus mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya ODF di Kecamatan Suwawa.

“Ditargetkan bulan november 2022 Insya Allah kecamatan suwawa sudah deklarasi ODF” ucap Lolly.

Rilis : MD/Iwan (Bonebol)
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 5 =

scroll to top