Krida Pengendalian Penyakit Gelar Penyuluhan Penyakit Zoonosis dan PTM

IMG-20230716-WA0027.jpg

Penyuluhan Krida Pengendalian Penyakit.

Kabupaten Pohuwato, Dinkesprov – Pada pelaksanaan Perti Saka Bakti Husada III Krida Pengendalian Penyakit melaksanakan kegiatan pendalaman materi dengan melakukan penyuluhan tentang penyakit zoonosis seperti rabies, demam berdarah, malaria dan penyakit tidak menular, Minggu (16/07/2023) di Buper Duhiadaa Kabupaten Pohuwato.

Penyuluhan dilakukan oleh Iswan Ahmad selaku Ketua Tim Kerja Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2) dan Mohamad Ramdhan Ismail, pelaksana program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM).

Iswan menjelaskan berbagai macam penyakit tidak menular yang selalu menjadi penyebab kematian utama baik secara global maupun nasional.

“Jadi Penyakit Tidak Menular ini adalah pembunuh nomor satu didunia yaitu penyakit jantung, stroke dan kanker,” ucap Iswan.

Iswan mengungkapkan, PTM tidak hanya menyerang usia 45 tahun ke atas tapi saat ini bahkan menyerang usia muda.

“Banyak penyebabnya diantaranya adalah pola hidup yang tidak sehat, selalu mengkonsumsi makanan cepat saji atau junk food ini adalah salah satu faktor risiko selain kurangnya aktivitas fisik,” ungkapnya.

Selain memberikan materi PTM, juga diberikan materi terkait penyakit rabies, malaria dan DBD yang disampaikan Mohamad Ramdhan Ismail.

“Saat ini kita menghadapi kejadian luar biasa rabies sehingga ini harus menjadi perhatian khusus diantaranya hewan peliharaan seperti anjing dan kucing harus divaksin serta harus ditangani sesuai penatalaksanaan awal yaitu mencuci luka gigitan dengan air mengalir dan detergen,” ujar Alan.

Selain itu, Alan menjelaskan saat ini Kabupaten Pohuwato sudah memenuhi syarat KLB malaria untuk itu para peserta perkemahan diharapkan melakukan upaya pencegahan penularan.

“Yang bisa kita lakukan adalah tidur menggunakan kelambu, memakai anti nyamuk baik lotion maupun semprot,” pungkasnya.

Rilis : MD/Imran
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

six + two =

scroll to top
Bahasa »