Kadinkes Yana : Outputnya Tercapai, Tualango Jadi Pilot Project Integrasi Program TBC dan Stunting

IMG-20221028-WA0011.jpg

Foto bersama pada Pencanangan Desa Sehat Bebas TBC di Desa Tualango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.

Kabupaten Gorontalo, Dinkesprov – Desa Tualango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo melaksanakan Pencanangan Desa Sehat Bebas TBC, Jum’at (28/10/2022) bertempat di Kantor Desa Tualango.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Yana Yanti Suleman mendukung inovasi yang dilakukan pemerintah Kecamatan, Puskesmas Tilango dan Desa Tualango.

“Ada satu inovasi yang kemudian ingin memastikan penderita TBC segera disembuhkan, penderita TBC disembuhkan dari penyakit selain TBC misalnya stunting,” ucap Yana.

Selain itu, upaya yang dilakukan pemerintah Desa Tualango juga memastikan upaya pencegahan pada orang-orang sehat agar tidak tertular penyakit TBC dan ibu hamil tidak melahirkan anak stunting.

“Jadi kegiatan ini kami sangat apresiasi Insya Allah ketika outputnya tercapai Desa Tualango ini akan kami jadikan pilot project integrasi program TBC dan stunting, karena selama ini kita ketahui bersama penanganannya itu masih sendiri-sendiri,” tutur Yana.

Yana berharap kolaborasi antar program lainnya dengan lintas sektor diharapkan dapat meningkatkan status kesehatan dan bebas dari penyakit infeksi lainnya, pungkas Yana.

Kepala Desa Tualango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo, Yudin Y. Bangi, SAP menjelaskan latar belakang kegiatan tersebut dalam rangka menurunkan angka penderita TBC.

“Untuk tahun ini kami telah menganggarkan di dana desa, Insya Allah untuk perkembangan tahun berikut kami tetap berkesinambungan untuk menuntaskan program TBC dengan harapan Tualango bebas TBC di tahun 2030,” imbuh Yudin.

Adapun jumlah kasus TBC di Desa Tualango sebanyak 19 kasus dengan rincian 10 orang dinyatakan sembuh, 8 orang masih dalam perawatan dan 1 orang meninggal dunia.

Selain pencanangan desa sehat juga dilaksanakan penandatanganan komitmen lintas sektor dalam mendukung penanggulangan TBC dan eliminasi TBC 2030, pengukuhan kader kesehatan TBC, penyerahan bantuan makanan tambahan dan masker pada penderita TBC terintegrasi dengan upaya penanganan stunting.

Rilis : MD
Videografer : ILB
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − 12 =

scroll to top