Pengurus Hakli Provinsi Gorontalo Periode 2022-2027 Resmi Dilantik

IMG-20221031-WA0016.jpg

Pelantikan Pengurus Hakli Provinsi Gorontalo Periode 2022-2027.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Pemerintah Provinsi Gorontalo diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Misranda Nalole hadir pada pelantikan pengurus Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (Hakli) Provinsi Gorontalo, Senin (31/10/2022) di Grand Q Hotel.

Misranda mengungkapkan bahwa Penjabat Gubernur dan Sekda Provinsi selalu mendukung dan memprioritaskan urusan bidang kesehatan.

“Dukungan juga dari Ibu Ketua Tim Penggerak PKK sangat getol untuk pengendalian stunting di Provinsi Gorontalo ini membuktikan bahwa sektor kesehatan merupakan sektor terbesar ketiga yang selama ini didukung dengan anggaran 10%,” ungkap Misranda.

Misranda juga berharap Pengurus Hakli dapat meningkatkan profesionalisme dan amanah dalam menjalankan tugas.
“Juga sudah terbukti dengan pengurus lama yang selama ini bekerja sama dengan kami di Provinsi Gorontalo dalam rangka pengendalian dan penanganan Covid-19 dan yang ada didepan kita untuk penanganan stunting kita masih berada di posisi 29%. Dengan instruksi Presiden harus berada di 14% maka peran Hakli itu sangat menentukan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Yana Yanti Suleman memberikan apresiasi dan mengucapkan selamat kepada pengurus Hakli periode 2022-2027.
“Semoga dengan pelantikan dan acara seminar ini dapat membawa Hakli lebih maju, lebih kedepan, lebih unggul dalam hal menjadi mitra terbaik provinsi Gorontalo untuk memastikan kesehatan lingkungan menuju pengembangan ataupun pembangunan kesehatan yang terintegrasi,” imbuh Yana.

Yana menjelaskan bahwa lingkungan yang sehat akan mencegah penularan penyakit berbasis lingkungan.

“Maka itu peran dari pada organisasi Hakli ini menjadi sangat penting karena banyak penyakit berbasis lingkungan di Provinsi Gorontalo dan perlu kita kuatkan dan optimalisasikan kegiatan-kegiatan kearah sana sehingga penyakit-penyakit berbasis lingkungan akan turun bahkan bisa kita cegah,” ucap Yana.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Hakli, Arif Sumantri menjelaskan terkait pemberian penghargaan kepada Kabupaten dan Kota pada pelantikan pengurus wilayah Hakli sebagai stimulus dalam rangka mewujudkan Kabupaten/Kota sehat di Provinsi Gorontalo.

“Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia melihat bahwa provinsi Gorontalo akan bisa mencapai upaya STBM 80% dan ODF 80% dan akhirnya menuju pada 100% dalam mewujudkan kota sehat dan ini merupakan upaya yang dapat menekan peningkatan kasus diare dan penyakit yang berbasis lingkungan,” pungkasnya.

Selain pelantikan pengurus Hakli Provinsi Gorontalo, juga dilaksanakan seminar nasional dengan tema optimalisasi peran sumber daya manusia kesehatan lingkungan dalam mendukung upaya transformasi kesehatan di era digital.

Rilis : MD
Videografer : ILB
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × two =

scroll to top