Menkes Buka Rakontek Kesmas

WhatsApp-Image-2022-10-31-at-21.10.20.jpeg

Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan Masyarakat

Bogor, Dinkesprov – Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 (empat) hari (31 – 03/11/2022) di Aston Nirwana Residence Bogor, Jawa Barat ini mengangkat tema Kolaborasi Pusat dan Daerah Dalam Transformasi Layanan Primer. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan peserta dari Dinas Kesehatan Provinsi dan Poltekkes se-Indonesia.

Dalam sambutannya Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa intervensi layanan primer menjadi penting, karena menurutnya pembiayaan dalam intervensi tersebut tergolong murah sebab pelaksanaannya lebih ke upaya promotif dan preventif. Disamping itu, kualitas hidup juga lebih baik.

Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan Masyarakat

Untuk mencapai layanan primer yang maksimal, maka ada beberapa hal yang perlu diperbaiki.
“Posyandu, Puskesmas dan Labkesmas mesti direvitalisasi (distandarisasi). Posyandu yang tadinya hanya ngurusin ibu dan bayi, kedepannya diharapkan dapat melayani seluruh siklus hidup termasuk remaja dan lansia,” ungkap Budi.

Ditambahkan Budi, hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah skrining penyakit yang perlu untuk ditingkatkan. Begitu pula halnya dengan imunisasi.

Selain itu Menkes Budi juga berharap agar kualitas belajar poltekkes ditingkatkan sehingga dapat bersaing dengan lembaga pendidikan kesehatan lainnya baik yang berada di dalam maupun luar negeri.

“Perbanyak penelitian mengenai isu-isu strategis kesehatan sehingga dapat membantu intervensi permasalahan kesehatan yang ada,” pungkas Budi.

Rilis : MD
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − 4 =

scroll to top