Kabupaten Gorontalo Optimis Akhir Tahun Tingkatkan Cakupan dan Intervensi PIS-PK

IMG-20190707-WA0009.jpg

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Syafruddin, SKM., M. Kes saat memberikan sambutan pada pembukaan Evaluasi dan integrasi Program dalam Mendukung Pencapaian SPM Bidang Kesehatan melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) tingkat Kabupaten Gorontalo, Sabtu (06/07/2019) di Aula Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten

Kabupaten Gorontalo, Dinkesprov – Program Indonesia Sehat bertujuan untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia. Sasaran dari Program Indonesia Sehat adalah meningkatnya derajat kesehatan dan status gizi masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan.

Untuk mewujudkannya, diperlukan dukungan dari instansi teknis daerah yaitu Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota. Hal ini ditindaklanjuti oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo yang melaksanakan Evaluasi dan Integrasi program dalam mendukung pencapaian SPM Bidang Kesehatan melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) tingkat Kabupaten Gorontalo, Sabtu (06/07/2019) di Aula Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Syafruddin, SKM., M.Kes,. Dalam arahannya, Syafruddin mengharapkan agar cakupan pendataan dan kegiatan intervensi awal maupun intervensi lanjutan bisa maksimal.

“Puskesmas harus semaksimal mungkin meningkatkan cakupan program karena dukungan anggaran saat ini sudah cukup,” terang Syafruddin.

Dari data yang ada, saat ini posisi Kabupaten Gorontalo dengan melihat Indeks Keluarga Sehat (IKS) 0,15 berada diposisi ketiga se-Provinsi Gorontalo dengan cakupan kunjungan 47% KK yg sudah di kunjungi.

“Dengan evaluasi ini saya optimis diakhir tahun bisa meningkatkan cakupan dan kegiatan intervensi untuk seluruh puskesmas,” beber Syafruddin yang juga selaku narasumber pada kegiatan tersebut.

Selain itu, juga diharapkan keluarga yang sudah diintervensi oleh program bisa ada perubahan dari yang tidak sehat menjadi keluarga sehat dari 12 (dua belas) indikator keluarga sehat yang menjadi sasaran dari PIS-PK.

Peserta kegiatan ini terdiri dari kepala puskesmas, petugas promkes, Kesling, pengelola program jiwa, penanggung jawab program PIS-PK.

Rilis : Marjen Ayuba
Editor : Nancy Pembengo & MD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 5 =

scroll to top