Jelang Peresmian, RSTM Tolinggula Peroleh Dukungan Luar Biasa

WhatsApp-Image-2023-08-21-at-10.54.06.jpg

Audiensi Jajaran dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara dengan Sekretaris Balitbangkes dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

Kabupaten Gorontalo Utara, Dinkesprov – Jelang hari peresmiannya, Rumah Sakit Umum Daerah Tolinggula Melayani (RSTM), memperoleh dukungan luar biasa dari berbagai pihak. Hal ini terungkap pada Audiensi yang diselenggarakan di CityMall Hotel Kota Gorontalo, Sabtu (17/08/2023).

Giat audiensi tersebut dihadiri Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI), Nana Muliyana, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Anang S. Otoluwa, dan Jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Thariq Modanggu mengungkapkan dukungan penuh Pemerintah Daerah Gorontalo Utara terhadap peresmian RSTM.

Rumah sakit ini, kata Bupati memiliki potensi besar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan Tolinggula, Biau, Sumalata dan juga Kecamatan Peleleh, yang memiliki dua puskesmas pengampu. Jumlah penduduk yang akan dilayani oleh RSTM diperkirakan mencapai 34.484 jiwa.

Bupati Thariq Modanggu juga menyoroti kesiapan fisik dan layanan di RSTM. Ia telah melakukan kunjungan beberapa kali guna memastikan kesiapan rumah sakit ini dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Saya sudah beberapa kali melakukan kunjungan ke RSTM untuk melihat kesiapan RS tersebut apakah sudah siap dalam memberikan pelayanan ke Masyarakat khususnya dalam rangka persiapan Peresmian. Secara persiapan sudah mulai jalan. Ruangan dan penataan Alkes di setiap ruangan sudah sesuai dan sudah tertata,” kata Thariq.

Meski begitu, Bupati menekankan bahwa penataan halaman dan area sekitar juga penting. Ia berharap agar dilakukan penataan pagar, penanaman pohon di beberapa tempat, serta penataan pot bunga.

“Hanya saja untuk penataan halaman memang masih perlu dipoles, masih butuh ditanami pepohonan seperti ketapang kencana dan pohon Mangga di beberapa spot juga dihiasi dengan pot bunga agar RS tersebut terlihat rapi dan indah sehingga memberikan atmosfer yang sejuk khususnya bagi para Pasien dan Keluarganya,” tambah Thariq.

Bupati Thariq juga berbicara mengenai rencana pengembangan rumah sakit ini. Ia menyampaikan bahwa dirinya telah meminta Dinas Kesehatan untuk menyusun rencana pelayanan dalam 3 skema: minimum, medium, dan maksimum. Hal ini akan menjadi dasar dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.

Sekretaris Badan Litbangkes Nana Muliyana, merespons semangat dan dukungan yang ditunjukkan oleh Bupati Gorontalo Utara. Nana Muliyana berharap baik pemerintah pusat maupun daerah bisa saling mendukung untuk mendorong ketersediaan sumber daya manusia di RSTM.

“Mendengar apa yang telah di sampaikan Pak Bupati dan semangat yang luar biasa, saya atas nama Kemkes RI juga lebih semangat pastinya. Dan kami ucapkan terimakasih kepada Pak Bupati atas dukungan Pemda Gorontalo Utara dan semua pihak terkait atas dibangunnya RSTM yang ada di Kecamatan Tolinggula. Saya melihat bahwa RS tersebut bagitu bagus apalagi Daerahnya juga sangat strategis untuk melayani pasien yang ada di sekitran Daerah itu. Kedepan tinggal bagaimana Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah bisa saling support untuk memajukan Rumah Sakit ini, khususnya ketersediaan tenaga kesehatan secara memadai,” ucap Nana Muliyana.

Demikian pula disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Anang Otoluwa. Ia mengatakan pihaknya berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh dan memunuhi kebutuhan RSTM yang menjadi kewenangan Dinas Kesehatan Provinsi.

“Dinas Kesehatan Provinsi akan mendukung hal-hal yang dibutuhkan oleh RSTM misalnya obat-obatan dan hal- hal lainya yang bisa kami support,” ujar Anang.

Pada akhir audiensi, Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara, Sri Fenti N. Sagaf mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang hadir. Ia mengapresiasi dukungan dari Kementerian Kesehatan RI, Pemerintah Daerah Gorontalo Utara, dan Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam pengembangan dan peresmian RSTM.

“Saya atas nama pimpinan Dinas Kesehatan Gorontalo Utara mengucapkan terimakasih kepada Pak Nana Mulyana selaku perwakilan Kemkes RI, Bupati Gorontalo Utara dan Pak Kadis Provinsi Gorontalo beserta jajaran atas Audiensi ini. Kami selaku OPD teknis juga akan terus berupaya memberikan dukungan sepenuhnya terhadap pelayanan yang ada di RSTM,” tutur Fenty.

Rilis : Fahriah/Andre (Gorut)
Editor : Nancy Pembengo/MD

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × one =

scroll to top
Bahasa »