Ikut Vaksinasi Covid-19 Sumbangsih Lansia Pada Bangsa dan Negara

IMG-20210529-WA0007.jpg

Salah satu lansia yang melakukan Skrining sebelum di vaksinasi pada Puncak Peringatan Hari Lansia Nasional yang dirangkaikan Gebyar Vaksinasi Lansia yang dipusatkan di Puskesmas Molingkapoto Kabupaten Gorontalo Utara, Sabtu (29/05/2021).

Kabupaten Gorontalo Utara,Dinkesprov – Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia (Lansia) Nasional dilaksanakan di Puskesmas Molingkapoto Kabupaten Gorontalo Utara, Sabtu (29/05/2021) yang dirangkaikan dengan Gebyar Vaksinasi Lansia.

Bupati Gorontalo Utara, H. Indra Yasin menyambut baik pelaksanaan Hari Lansia Nasional yang dipusatkan di Kabupaten Gorontalo Utara.
“Peringatan hari lansia di Gorut punya keistimewaan sendiri yaitu kita kaitkan dengan vaksinasi Covid-19, kami berharap dengan peringatan hari Lansia ini khusus untuk orangtua kita dalam keadaan Sehat wal afiat dan itu menjadi kewajiban pemerintah untuk memberikan pemeliharaan kepada rakyat, antara lain pemberian vaksin seperti yang laksanakan pada lansia (hari ini)”, ucap Indra saat diwawancarai media.

Indra juga menyampaikan ucapan selamat memperingati hari Lansia Nasional dan mengimbau masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan agar terhindar dari penularan Covid-19.
“Mudah-mudahan ini memberikan semangat bagi lansia dan sumbangsih kepada bangsa serta negara antara lain melalui vaksin yang kita laksanakan pada hari ini, untuk itu saya ajak untuk maju terus, anda (Lansia) bukan beban masyarakat akan tetapi masih punya kesempatan untuk memberikan sesuatu bagi masyarakat”, kata Bupati Indra.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan KB dr.Rosina Kiu yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo menjelaskan, gebyar vaksinasi bagi lansia di hari lansia nasional ke-25 ini untuk menyiapkan lansia di Gorontalo yang sehat dan mandiri.

“Dimana, data terakhir 74,3% lansia di Provinsi Gorontalo tergolong sehat dan mandiri. Semoga ini lebih bertambah dan usia harapan hidup bisa naik di tahun-tahun kedepan,” jelas dr. Rosina.

Kata dr. Rosina, di gebyar vaksinasi ini, pak Bupati Indra Yasin sudah melakukan screening, namun beliau ada penyakit komorbid sehingga mengalami penundaan (pemberian vaksin).

Khususnya di Gorontalo Utara dan di Kabupaten/Kota lainnya lanjut dr. Rosina, sudah digiatkan posyandu lansia integrasi dengan posbindu dimana kita akan menjaring dan mengintegrasikan sedini mungkin penyakit menular yang diderita, agar tidak jatuh pada kasus yang berat.

Ia melanjutkan, saat ini usia harapan hidup semakin naik maka perlu untuk mengaktifkan posyandu lansia dan pos binaan terpadu (posbindu) sebagai wadah untuk pencegahan penyakit melalui pengecekan kesehatan masing-masing lansia dimana faktor PTM menjadi salah satu faktor pembunuh saat ini seperti stroke dan serangan jantung

“Dengan demikian usia harapan hidup bisa bertambah lagi kedepannya,” pungkasnya.

Pelaksanaan Gebyar Vaksinasi Lansia dilaksanakan serentak di 15 (lima belas) Puskesmas di wilayah Gorontalo Utara dengan target sasaran sebanyak 100-150 orang tiap Puskesmas yang mendapat vaksinasi sehingga diharapkan dapat meningkatkan cakupannya.

Rilis : MD/ILB
Video/Foto : Reza/Monic
Video Editor : Reza
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen + 3 =

scroll to top