Hari Adhyaksa ke-59, Dinkes Provinsi Laksanakan Pelayanan Kesehatan

IMG-20190716-WA0007.jpg

Plt Kadinkes Provinsi Gorontalo Misranda E. U. Nalole, M. Si., (jilbab kuning) bersama Direktur RSUD dr. Hasri Ainun Habibie Provinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman (jilbab merah muda) saat menghadiri acara Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke XIX Tahun 2019, Selasa (16/07/2019) di Kejaksaan Tinggi Gorontalo

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke XIX Tahun 2019 Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melaksanakan pelayanan kesehatan, Selasa (16/07/2019) yang berlangsung di Kejaksaan Tinggi Gorontalo.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda E. U. Nalole, M. Si., mengatakan kegiatan ini merupakan rutinitas Dinas Kesehatan Provinsi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Apalagi di acara seperti ini dihadiri oleh banyak orang dari pejabat pemerintah sampai dengan masyarakat umum jadi momentumnya tepat untuk melakukan sosialisasi upaya kesehatan” tutur Misranda.

Suasana pelayanan kesehatan

Adapun pelayanan kesehatan yang diberikan meliputi IVA test (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat), Sunatan Massal, donor darah dan Screening Penyakit Tidak Menular (PTM).

Lanjut Plt Kadinkes, tim yang terlibat dalam kegiatan sunatan ini berasal dari tim medis dan paramedis Dinas Kesehatan Provinsi, Dinkes Kota Gorontalo, RS Aloei Saboe, RS Toto Kabila dan Dinkes Bone Bolango. Sedangkan IVA test melibatkan klinik Anisa, Dinkes Provinsi dan Kota.

“Target Sunatan Massal sebanyak 135 anak untuk IVA test sasarannya adalah masyarakat, pegawai Kejaksaan dan keluarga sebanyak 200 orang” kata Misranda.

IVA test untuk perempuan yang sudah menikah dan belum pernah di lakukan test. Pemeriksaan ini dianggap sebagai pemeriksaan awal yang efektif dan murah untuk mendeteksi kanker serviks. Pasalnya, tidak dibutuhkan waktu dan pengamatan laboratorium lagi untuk tahu hasilnya. Selain itu, kelebihan tes IVA lainnya adalah pemeriksaan ini aman dilakukan kapan pun.

Pose bersama Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Eti Marhaeniwati Subagja dan Tim Kesehatan setelah melakukan IVA test

“Dengan pemeriksaan awal deteksi dini kanker serviks untuk pencegahan karena saat ditemukan pada stadium akhir akan sulit melakukan pengobatan dan beban biaya menjadi besar” pungkasnya.

Selain itu, Unit Transfusi Darah (UTD) kota Gorontalo dan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi juga melaksanakan donor darah.

Rilis : MD
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine + 10 =

scroll to top