Gelar Rakor, Dinkes Gorut Optimis Posyandu Aktif Capai 80%

WhatsApp-Image-2021-01-28-at-06.32.39.jpeg

Rapat Koordinasi Kegiatan Puskesmas di Posyandu Kabupaten Gorontalo Utara, Rabu (27/01/2021), di d'Qta Aja Resto, Kota Gorontalo.

Kabupaten Gorontalo Utara, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara melaui bidang Kesehatan Masyarakat menggelar Rapat Koordinasi Program Puskesmas di Posyandu, pada Rabu (27/01/2021).

Posyandu saat ini masih menjadi sarana terbaik dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, dr. Mohammad Ardiansyah, M.Kes dalam sambutannya pada kegiatan yang dilaksanakan di d’Qta Aja Cafe & Resto tersebut.

“Ini merupakan tolak ukur, saat posyandu itu (dikatakan sebagai posyandu) aktif, maka status kesehatan di wilayah tersebut hampir bisa dipastikan baik,” tuturnya.

Ardi menambakan, posyandu dapat dikatakan aktif jika memenuhi kriteria tertentu.

“Kriterianya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini lebih sedikit (kriterianya), jadi menurut saya harusnya lebih mudah,” ungkapnya.

Ardi optimis jika Gorontalo Utara mampu mencapai target lebih dari 80% pada tahun 2021.

“Karena (kriteria) sedikit dibanding sebelumnya, mudah-mudahan Gorontalo Utara akan capai target tahun ini,” serunya.

Sementara itu, Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Nancy Pembengo, S.Si, dalam sesi Penguatan Promosi Kesehatan, mengungkapkan, Puskesmas harus mampu meningkatkan koordinasi dengan sektor lainnya.

“Meski kelihatannya mudah, upaya mengaktifkan posyandu ini membutuhkan keseriusan dari pihak-pihak terkait” tuturnya.

Menurut Nancy, masing-masing pihak memiliki peranannya. Mulai dari pemerintah desa, pemerintah kecamatan, Puskesmas, hingga Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

“Namun jika kita optimis, pasti capai (target),” tandasnya.

Sebagaimana disampaikan sebelumnya, Posyandu aktif harus memenuhi setidaknya 5 (lima) kriteria, yakni melakukan kegiatan rutin Minimal 10 kali dalam setahun, minimal Mempunyai 5 Orang Kader Kesehatan, capaian masing-masing Program di Posyandu Minimal 50%, memiliki alat pengukuran pertumbuhan dan perkembangan balita, dan melaksanakan setidaknya 1 program tambahan.

Rilis: Andre
Editor : MD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven + 17 =

scroll to top