Evaluasi PPI di RSTN Boalemo, Demi Keselamatan dan Keamanan Nakes

IMG-20210812-WA0005.jpg

Kasie Pelayanan Kesehatan Rujukan Helen Kadir, S.Kep., Ners saat mengunjungi IGD RSUD Tani dan Nelayan Kabupaten Boalemo

Kabupaten Boalemo, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Provinsi melalui Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan melaksanakan Evaluasi Pelaksanaan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) di Rumah Sakit Tani dan Nelayan Kabupaten Boalemo, Kamis (12/08/2021).

Menurut Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan, Helen Kadir, S.Kep, Ners, kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi penanganan PPI khususnya dalam penanganan Covid-19. Beberapa hal yang dievaluasi antara lain penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), penanganan limbah medis, alur sterilisasi alat (CSSD) dan pelayanan laundry.

“PPI ini wajib dilaksanakan karena tenaga kesehatan sebagai garda terdepan pelayanan harus selalu dalam kondisi prima dalam arti bebas dari infeksi yang kemungkinan dapat terjadi karena aktifitas yang dilakukannya. Sehingga dapat terlihat jika suatu rumah sakit melaksanakan PPI dengan baik, maka tenaga kesehatan yang terpapar penyakit, utamanya Covid-19 semakin berkurang”, ungkap Helen.

Lebih lanjut dijelaskan Helen, dari hasil evaluasi yang telah dilaksanakan diperoleh bahwa pelaksanaan PPI di RSTN belum maksimal dan perlu pembenahan sarpras untuk mendukung pelaksanaan PPI tersebut untuk itu di harapkan peran IPCN dalam melakukan evaluasi internal.

“Kegiatan ini dilakukan di seluruh Rumah Sakit di wilayah Provinsi Gorontalo, baik negeri maupun swasta untuk memastikan keamanan dan keselamatan tenaga kesehatan dalam melaksanakan pelayanan”, pungkasnya.

Rilis : Neki/Andi
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 4 =

scroll to top