Dukung Transformasi Kelima Dibidang Kesehatan, Dinkes Provinsi Gorontalo Susun Rencana Kebutuhan SDM

IMG-20220729-WA0000.jpg

Pertemuan Koordinasi Perencanaan SDM dalam upaya pemenuhan SDM di Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Kamis (28/07/2022) di Marina Beach Hotel Kabupaten Pohuwato.

Kabupaten Pohuwato, Dinkesprov – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menginisiasi adanya transformasi di bidang kesehatan. Ia telah menetapkan ada 6 jenis transformasi yang akan dilakukan, yakni transformasi Layanan Primer, Layanan Rujukan, Sistem Ketahanan Kesehatan, Sistem Pembiayaan Kesehatan, Sumber Daya Kesehatan (SDM) Kesehatan dan Teknologi Kesehatan.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo perlu menyusun suatu dokumen rencana kebutuhan SDM Kesehatan Tahun 2021.

“Ini kita lakukan sebagai implementasi dari transformasi kelima yaitu pemenuhan sumber daya manusia kesehatan yang merata,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Suleman Mile yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo saat membuka Pertemuan Koordinasi Perencanaan SDM dalam upaya pemenuhan SDM di Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Kamis (28/07/2022) di Marina Beach Hotel Kabupaten Pohuwato.

Hal itu sejalan dengan UU No. 36 tahun 2009 pasal 16 yang menyebutkan bahwa pemerintah bertanggungjawab atas ketersediaan sumber daya di bidang kesehatan yang adil dan merata bagi seluruh masyarakat untuk memperoleh derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

“Inilah yang menjadi tantangan kita kedepan dimana pemerataan SDM Kesehatan yang berkualitas diperlukan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan,” ucapnya.

Dengan demikian, kata Suleman Mile diharapkan kebutuhan tenaga kesehatan dapat terjamin dan terpenuhi mulai dari layanan primer hingga tersier.

“Pada akhirnya masyarakat mudah mendapat akses pelayanan kesehatan karena SDM Kesehatan terdistribusi dan merata di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan,” pungkasnya.

Rilis : MD
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 + one =

scroll to top