Dua Kabupaten di Provinsi Gorontalo Raih Swastisaba Kriteria Padapa

IMG-20191113-WA0005.jpg

Tim penilai Nasional Kabupaten Kota Sehat saat melakukan verifikasi lapangan di Kabupaten Bone Bolango beberapa waktu lalu.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Provinsi Gorontalo berhasil menyukseskan penilaian Kabupaten Kota Sehat (KKS) dengan akan diterimanya penghargaan kepada dua kabupaten yang berhasil meraih Swastisaba Padapa yaitu Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten Bone Bolango.

Hal itu sebagaimana tertuang dalam radiogram Menteri Dalam Negeri Nomor 080/12558/SJ tentang pemberian penghargaan Kabupaten Kota Sehat yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan, Selasa (19/11/2019) bertempat di ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri di Jakarta.

Menurut Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja Dan Olahraga Sabri Panigoro, SKM., M. Kes., Provinsi Gorontalo mengirimkan 4 dokumen Kabupaten yang di verifikasi secara administrasi dan lapangan oleh tim dari pusat.
“Empat kabupaten yang diverifikasi oleh tim nasional kriteria Padapa yaitu Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Gorontalo Utara, kriteria Wistara yaitu Kabupaten Boalemo dan kriteria Wiwerda Kabupaten Pohuwato” ungkap Sabri.

Sabri juga mengatakan bahwa Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten Bone Bolango pertama kali dilakukan penilaian KKS dan bisa mendapatkan penghargaan tentunya ini merupakan partisipasi dan dukungan dari kepala daerah dan seluruh elemen masyarakat yang ada.
“Semoga Gorontalo Utara dan Bone Bolango dapat mempertahankan Swastisaba Padapa dan bagi Kabupaten yang telah mendapatkan Swastisaba dapat meningkatkan capaian ini di tahun yang akan datang” ucapnya.

Apresiasi juga diungkapkan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda E. U. Nalole, M.Si., atas penghargaan yang akan diterima oleh Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten Bone Bolango. Misranda berharap di tahun yang akan datang seluruh Kabupaten dan Kota dapat ikut berpartisipasi dalam penilaian KKS.
“Saya juga mengharapkan agar level KKS tidak hanya pada level Kementerian tapi bisa sampai pada Presiden dalam pemberian penghargaan seperti Adipura sehingga bisa memotivasi seluruh Kabupaten dan kota di seluruh Indonesia” kata Misranda.

Plt Kadinkes juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan KB dr. Rosina Kiu, Ketua Forum KKS Provinsi Dr. Beby Banteng, pimpinan daerah, Bupati Gorontalo Utara H. Indra Yasin, Bupati Bone Bolango H. Hamim Pou, Bupati Boalemo Darwis Moridu dan seluruh elemen masyarakat yang turut serta mensukseskan penilaian KKS di Provinsi Gorontalo.

Rilis : MD & ILB
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × four =

scroll to top
X