Dinkes Perkuat Peran Media Dalam Upaya Promosi Kesehatan

dinkes-perkuat-peran-media-e1547798864264.jpg

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Misranda Nalole saat memberikan sambutan pada Media Briefing di Aula Kantor Dinas Kesehatan, Jum'at (18/01/2019)

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Peran media dinilai sangat efektif dalam upaya promosi kesehatan bagi masyarakat. Apalagi dalam menyampaikan informasi serta menangkal berbagai isu yang berhubungan langsung dengan kesehatan.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo mengadakan pertemuan dengan berbagai media di Gorontalo, guna memperkuat peran media dalam menginformasikan edukasi terhadap upaya promosi kesehatan.

Hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Dinas kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda Nalole, serta didampingi Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Nancy Pembengo.

Menurut Misranda bahwa sejauh ini Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo selalu bekerjasama dengan berbagai media yang ada di Provinsi Gorontalo. Dari berbagai isu kesehatan, media butuh tambahan data yang nantinya bisa ditopang dari Dinas Kesehatan. Sehingga informasi yang disebarluaskan bisa utuh dan menyeluruh.

“Namun koordinasi dengan seksi Promosi Kesehatan juga sangat penting. Sebab beberapa kali kami sering ditemui wartawan atau media dengan mempertanyakan berbagai masalah ini. Ada yang kami beri, ada juga yang harus selektif, jangan sampai kami salah memberikan informasi,” kata Misranda.

Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo selalu mendukung upaya media dalam mempromosikan kesehatan, khususnya di Gorontalo. Sebab peningkatan derajat kesehatan masyarakat adalah wujud komitmen dinas Kesehatan terhadap masyarakat itu sendiri.

“Konfirmasi dan pengambilan data di dinas kesehatan sendiri ada teknisnya. Tidak langsung ke pimpinan. Bisa dikonfirmasi lewat seksi Promosi Kesehatan. Nanti mereka yang mengarahkan. Kalau itu sifatnya mendesak, maka saya pun siap untuk menfasilitasi teman-teman wartawan,” tuturnya.

“Yang penting bagi kami, bagaimana media ini bisa mengedukasi masyarakat. Lewat tulisan-tulisan atau informasi lainnya, agar ada upaya masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan mereka. Yang jelas kami Dinas Kesehatan selalu terbuka dan bekerjasama dengan baik kepada media-media yang ada,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Promkes Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Nancy Pembengo mengatakan bahwa nantinya Dinas Kesehatan akan membuat media briefing untuk menginformasikan berbagai isu terkini mengenai kesehatan. Serta mengklarifikasi masalah-masalah yang timbul di masyarakat.

“Kegiatan itu juga sebagai wadah untuk edukasi kepada media, agar dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat bisa tersampaikan secara baik dan luas. Tidak ada salah presepsi antara kami dan media, sehingga edukasi tentang peningkatan derajat kesehatan masyarakat akan tersampaikan lebih bagus lagi,” tandasnya. (TIK/gps)

Tim INFOKOM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 4 =

scroll to top