Dinkes Provinsi Monitoring Ketersediaan Obat dan Vaksin Di Kabupaten/Kota

IMG-20200117-WA0012.jpg

Tim dari Dinas Kesehatan Provinsi melakukan Pemantauan Pengelolaan Obat dan Ketersediaan Obat di Puskesmas Botumoito Kabupaten Pohuwato, Kamis (16/01/2020)

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Mengawali tahun anggaran 2020, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melakukan monitoring dan evaluasi ketersediaan obat dan vaksin di kabupaten/kota. Hal ini dilaksanakan untuk mengevaluasi pengadaan obat yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kab/ Kota baik menggunakan dana alokasi khusus (DAK) ataupun dana alokasi umum (DAU) tahun anggaran 2019.

Setiap tahun dinas kesehatan kabupaten/ kota mendapatkan dana dari pemerintah pusat berupa DAK ataupun dianggarkan oleh pemerintah daerah sendiri melalui DAU.

Seiring pelaksanaan pengadaan obat dari dinas kesehatan kabupaten/ kota, terdapat kendala atau hambatan yg terjadi yang dapat mempengaruhi ketersediaan obat dan vaksin di sarana pelayanan kesehatan dasar.

Pada tahun 2020 ini jumlah item obat yang di monitoring ketersediaanya meningkat 100% dari tahun 2019 menjadi 40 item. Setelah dievaluasi ditemukan dari 4 puskesmas yang dimonitoring memiliki ketersediaan yang memenuhi standar nasional yakni 100%.

Selain ketersediaan obat, juga dilakukan monitoring dan evaluasi terkait pengelolaan obat, obat program dan vaksin.

“Pengelolaan obat, obat program dan vaksin di puskesmas harus dimonitoring sehingga obat dan vaksin yang sampai ke masyarakat dapat terjamin mutu, khasiat dan keamanannya” Kata Farid Adam, Kasi. Tata Kelola Obat dan Pelayanan Kefarmasian.

“Pengelolaan obat dan vaksin bukan hanya terkait dengan tenaga pengelolanya tetapi juga sarana dan prasarana yang tersedia di puskesmas. Dimana kurangnya sarana prasarana dalam pengelolaan obat dan vaksin di puskesmas dapat mempengaruhi terjamin mutu, khasiat dan keamanannya” jelas Farid.

Rilis : Gelar
Editor : Nancy Pembengo & MD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − 9 =

scroll to top