Pegawai Dinkes Gorontalo Utara Ukur Kebugaran dengan SIPGAR

IMG-20240213-WA0015.jpg

Pengukuran kebugaran bagi Pegawai di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara.

Kabupaten Gorontalo Utara, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) menggelar kegiatan pengukuran kebugaran jasmani bagi pegawai instansi tersebut. Kegiatan ini memanfaatkan aplikasi Sistem Informasi Pengukuran Kebugaran Jasmani (SIPGAR) yang dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Gorut, Sri Fenty N. Sagaf menjelaskan tujuan kegiatan ini adalah mempromosikan pola hidup sehat dan deteksi dini potensi risiko kesehatan melalui evaluasi kebugaran.

“Para peserta dapat mengetahui tingkat kebugaran mereka sehingga dapat menjadi acuan untuk melakukan langkah-langkah preventif dan promotif kesehatan ke depannya,” ujar Fenty.

Puluhan pegawai tampak antusias mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di halaman kantor Dinas Kesehatan.

“Tentunya ini disambut baik oleh para pegawai, dimana mereka ingin mengetahui tingkat kebugaran diri masing-masing. Harapannya, ini dapat memotivasi mereka untuk selalu menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat,” tutur Fenty.

Lebih lanjut Fenty mengatakan, pihaknya berencana menggelar kegiatan serupa bagi masyarakat umum ke depannya. Hal ini menurutnya, sejalan dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dicanangkan pemerintah untuk mendorong masyarakat menerapkan perilaku hidup sehat dan aktif.

“Kedepannya, kami berharap kegiatan ini dapat menjangkau masyarakat luas sehingga masyarakat dapat menggunakan aplikasi SIPGAR untuk mengukur kebugaran secara mandiri,” ucapnya.

Pengukuran kebugaran diawali dengan pemeriksaan kesehatan. Mulai dari tekanan darah, hingga pemeriksaan darah sederhana seperti gula darah, kolesterol dan asam urat.

Setelahnya, kegiatan dilanjutkan dengan senam bersama selama beberapa menit sebelum memulai pemeriksaan kebugaran dengan aplikasi SIPGAR.

Aplikasi SIPGAR bekerja dengan mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk penggunanya menempuh jarak tertentu. Dengan perhitungan tertentu, aplikasi SIPGAR mengevaluasi tingkat kebugaran dan menampilkan data-data hasil pengukuran untuk diketahui pengguna.

Rilis : Andre (Gorut)
Editor : Nancy Pembengo/MD

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 + 7 =

scroll to top
Bahasa »