Dinkes Provinsi Gorontalo Genjot Vaksinasi Covid-19

IMG-20210525-WA0029.jpg

Penandatanganan komitmen bersama mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Provinsi Gorontalo masuk urutan ke-8 capaian vaksinasi secara Nasional. Meski begitu, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo terus menggenjot vaksinasi di Gorontalo.

Salah satu langkah dilakukan untuk menggenjot vaksinasi dengan melakukakan sosialisasi dan advokasi pelaksanaan vaksinasi. Tiga sasaran vaksinasi di Provinsi Gorontalo yakni pelayanan publik, lanjut usia dan masyarakat di Provinsi Gorontalo.

“Vaksinasi covid-19 merupakan upaya untuk mengurangi transmisi/penularan COVID-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat covid-19, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity) dan melindungi masyarakat dari COVID-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi. Oleh sebab itu, ini harus terus digenjot,” ungkap Kedis Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman, Selasa (25/5/2021).

dr. Yana menyebutkan, capaian vaksinasi di Gorontalo belum mencapai target nasional. Ia memaparkan, jumlah sasaran petugas Pelayanan Publik di Provinsi Gorontalo sebanyak 70.882 jiwa. Jumlah yang telah divaksin dosis 1 sebanyak 49.264 jiwa atau sebesar 69,50 % dan dosis 2 sebanyak 30.346 jiwa atau sebesar 42.81 %.

Jumlah capaian vaksinasi untuk lansia di Provinsi Gorontalo masih sangat minim. Sejauh ini, jumlah sasaran lansia di Provinsi Gorontalo sebanyak 96.254 jiwa. Lansia yang telah divaksin dosis 1 sebanyak 2.026 jiwa atau sebesar 2,1 % dan dosis kedua sebanyak 964 jiwa atau sebesar 1 %.

“Hal ini sangat memprihatinkan karena cakupannya sangat rendah dan kelompok lansia merupakan kelompok umur yang sangat rentan terhadap penularan covid-19 di Provinsi Gorontalo,” ujar dr. Yana.

“Sasaran pelaksanaan vaksinasi covid-19 adalah seluruh masyarakat usia 18 tahun sampai lansia yang sehat jasmani dan rohani,” ungkapnya.

Rilis : Muhajir (gps)
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen + 8 =

scroll to top