RS Ainun dan PAPDI Sosialisasi Pencegahan Diabetes

IMG-20191114-WA0021.jpg

Sosialisasi Pencegahan Diabetes oleh dr. Taufik Ramadhan Biya, Sp. PD dari PAPDI Cabang Gorontalo, Kamis (14/11/2019) di RSUD dr. Hasri Ainun Habibie

Kabupaten Gorontalo, Dinkesprov – Hari Diabetes Sedunia yang jatuh hari ini, 14 November 2019, dimanfaatkan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) cabang Gorontalo berkerjasama dengan RSUD dr. Hasri Ainun Habibie untuk mensosialiasikan bahaya dari Diabetes Melitus.

Dalam sosialisasi ini, dr. Taufik R. Biya Sp.PD mengajak masyarakat, khususnya pasien rawat jalan yang sering berobat di RSUD Ainun Habibie untuk mau bersama-sama mencegah diabetes. Menurutnya salah satu penyakit dengan penderita tertinggi di Gorontalo adalah Diabetes. “Kami menginformasikan kepada masyarakat, khususnya bagi mereka yang berobat di RS Ainun bahwa apa itu penyakit diabetes atau kencing manis. Kita melakukan upaya promotif agar penyakit ini tidak menyerang mereka maupun keluarga mereka,”kata dr. Taufik.

Sejauh ini berbagai penyakit yang menyerang masyarakat seperti katarak, ginjal, saraf hingga jantung salah satu penyebabnya diawali oleh Diabetes. Sehingga ketika tiba di rumah sakit mereka sudah didiagnosa penyakit-penyakit tersebut. “Padahal kalau mereka mampu mengontrol itu, penyakit ini tidak akan berkomplikasi menjadi penyakit lainnya,” sambung dr. Opick (sapaan akrab dr. Taufik).

Untuk mencegah agar penyakit tersebut tidak meluas dan menimbulkan komplikasi penyakit lainnya, maka dr Opick menyarankan agar masyarakat untuk mengurangi konsumsi makanan yang tinggi gula serta tinggi karbohitrat.
“Untuk mereka yang memiliki riwayat diabetes tentu penyakit ini akan beresiko untuk kena diabetes. Untuk itu, perbanyak konsumsi sayur dan buah, perbanyak minum air putih, olahraga teratur serta paling penting kurangi makanan yang mengandung gula. Obat adalah langkah terakhir bagi kita,” paparnya.

Sementara itu, Direktur RS Ainun Habibie, dr. Yana Yanti Suleman mengapresiasi langkah dokter-dokter di RS Ainun untuk melakukan upaya promotif dan preventif. Sehingga masyarakat atau pasien rawat jalan di RS Ainun bisa mencegah sedini mungkin resiko-resiko penyakit lainnya.

“Kami berterima kasih kepada PAPDI cabang Gorontalo yang sudah berpartisipasi dalam sosialisasi kesehatan kepada masyarakat. Insyallah agenda ini akan kita rutinkan. Setiap ada hari Kesehatan baik Nasional maupun internasional kita akan adakan sosialisasi serupa dengan tema yang berbeda,” paparnya.

Dalam sosialisasi dalam rangka hari diabetes sedunia dengan tema The Family and Diabetes dan tema nasional Lindungi Keluarga Dari Diabetes Untuk SDM Unggul itu dilaksanakan pula sosialisasi langka-langkah cuci tangan yang benar. Pesan utama yang ingin disampaikan dalam peringatan World Diabetes Day adalah meningkatkan peran dan kepedulian keluarga dalam pencegahan dan edukasi Diabetes serta dukungan terhadap anggota keluarga penyandang Diabetes.

Rilis : Andi
Editor : Nancy Pembengo

SOCIAL MEDIA DINAS KESEHATAN PROVINSI GORONTALO :

Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 + 7 =

scroll to top
X