Dinkes Provinsi Dorong Penguatan Program Layanan Insklus Disabilitas

IMG-20190917-WA0003.jpg

Poto Bersama peserta Sosialisasi Peta jalan layanan inklus Disabilitas, Senin (16/09/2019) di Aula Kantor Dinas Kesehatan Provinsi

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Seperti diketahui, bahwa Pengertian Disabilitas, adalah adanya gangguan yang terjadi pada fungsi penglihatan dan pendengaran pada tubuh manusia. Sehingga, menimbulkan masalah pada fungsi tubuh lainnya, seperti ketidakmampuan kepercayaan diri, dan stigma, sehingga menimbulkan indikator penyakit tidak menular. Untuk itu, pelayanan kesehatan bagi penyandang Disabilitas harus terus ditingkatkan.

Hal ini dijelaskan, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Reyke Uloli, pada acara sosialisasi peta jalan layanan kesehatan inklus disabilitas, Senin (16/09/2019) di Aula kantor Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

Reyke Uloli menyatakan, banyak faktor yang mempengaruhi disabilitas, terutama pola hidup bersih dan sehat (PHBS) yang masih kurang, juga pertumbuhan bayi sejak kehamilan.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Provinsi terus melakukan upaya, untuk menguatkan program layanan kesehatan inklus Disabilitas, mulai dari tenaga kesehatan, yang ada di fasilitas kesehatan, mulai dari Unit Kesehatan Sekolah (UKS), Poswindu, Puskesmas, dan Rumah Sakit, guna melakukan pelayanan kesehatan, terhadap deteksi awal dan melakukan follow up, jika ditemukan kasus tersebut.

Olehnya, lewat sosialisasi inklusi Disabilitas, dirinya berharap, tenaga kesehatan dapat melakukan deteksi awal Disabilitas, harus dilakukan melalui upaya promotif preventif, kuratif, dan habilitatif-rehabilitatif, serta penguatan lintas sektor.

Rilis : Rinto
Editor : Nancy Pembengo & MD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 1 =

scroll to top