Desa Yosonegoro Bentuk Pos Upaya Kesehatan Kerja

IMG-20210128-WA0006.jpg

Sosialisasi dan Pembentukan Pos Upaya Kesehatan Kerja di Desa Yosonegoro Kec. Limboto Barat Kab. Gorontalo, Rabu (27/01/2021) di Aula Kantor Desa

Kabupaten Gorontalo, Dinkesprov – Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat di kelompok pekerja informal utamanya di dalam upaya promotif dan preventif untuk melindungi pekerja agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan serta pengaruh buruk yang diakibatkan oleh pekerjaan. Sedangkan Prinsip Pos UKK adalah dari, oleh dan untuk kelompok pekerja mandiri, mikro dan makro di masyarakat.

Dalam rangka mewujudkan Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) tersebut, pada Rabu (27/01/21), dilakukan Sosialisasi Pos UKK kepada petani di desa Yosonegoro Kabupaten Gorontalo wilayah Puskesmas Limboto Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua BPD, Kepala Desa Yosonegoro dan beberapa tokoh masyarakat lainnya.

Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga, Shintya Rivai, SKM menjelaskan bahwa untuk meningkatkan pencapaian target indikator kesehatan kerja dan olahraga diharapkan 1 Pos UKK di Desa Yosonegoro Kab. Gorontalo.

Dirinya mengatakan Sosialisasi ini bertujuan untuk mengupgrade pengetahuan pekerja tentang kesehatan kerja dan kemampuan pekerja dalam menolong diri sendiri, pelayanan kesehatan kerja oleh kader, pekerja dan tenaga kesehatan. Serta pengetahuan tentang munculnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan pekerja terhadap risiko dan bahaya akibat pekerjaannya.

“Program kesehatan kerja merupakan suatu upaya kesehatan kerja bagi masyarakat pekerja. Bentuk upaya pelayanan kesehatan kerja adalah pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat pekerja mencakup upaya peningkatan dan pemeliharaan kesehatan, pencegahan penyakit, penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan”, ujar Shintia.

Rilis : Suherman / Dewi Frida / Nur Ajran
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − 14 =

scroll to top