Kadinkes Anang Dorong Puskesmas di Pohuwato Segera Terapkan ILP

IMG-20230925-WA0040.jpg

Pembukaan Pelatihan Manajemen Puskesmas dan Posyandu Tingkat Kabupaten Pohuwato.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Anang S. Otoluwa membuka pelatihan Manajemen Puskesmas dan Posyandu yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato, Senin (24/09/2023) di Grand Q Hotel Kota Gorontalo.

Banyak penyakit tidak menular yang menjadi penyebab kematian di dunia bahkan di Indonesia. Kondisi ini terjadi tidak hanya pada usia lanjut tapi pada usia muda, diantaranya Penyakit jantung, stroke dan kanker.

“Salah satu penyebabnya adalah karena stunting,” ungkap Anang.

Selain PTM, angka kematian juga terjadi pada ibu hamil, untuk itu perlu mendapat perhatian dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas.

“Ibu hamil harus mendapatkan perhatian diantaranya dengan melakukan pemeriksaan Hb untuk mencegah gangguan selama kehamilan dan ini salah satu upaya mencegah kematian ibu,” jelas Anang.

Anang prihatin jika hanya mengejar capain Standar Pelayanan Minimal (SPM) sehingga banyak masyarakat yang tidak mendapatkan akses pelayanan kesehatan.

“Itu kami temukan di lapangan ada bayi dan balita yang tidak diimunisasi. Hal ini menandakan banyak masyarakat yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan, padahal dalam laporan seluruhnya mendapatkan pelayanan,” imbuhnya.

Pada implementasinya, Integrasi Layanan Primer (ILP) sudah harus dilaksanakan oleh Puskesmas tanpa menunggu kelengkapan alat dan sumber daya manusia Kesehatan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan sumber daya yang ada.

“Puskesmas harus segera memulai ILP sehingga diharapkan semua masyarakat mendapatkan akses layanan kesehatan, apalagi saat ini sudah diluncurkan PSR (Pediatric Social Responsibility) yang telah di resmikan Gubernur dimana dokter spesialis anak membina satu hingga tiga puskesmas yang ada di provinsi Gorontalo sehingga puskesmas diharapkan bisa memanfaatkan ini dengan membangun komunikasi sesama tenaga kesehatan,” ujar Anang.

Rilis : MD/ILB
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − 12 =

scroll to top
Bahasa »