Breaking News : Kasus Rabies, Pasien Meninggal

WhatsApp-Image-2018-12-02-at-4.59.23-PM.jpeg

Telah terjadi Kasus Rabies dengan Kronologis sebagai berikut Pasien atas nama Ishak Patamani Umur 28 Tahun yang beralamat di Dusun 4 Desa Sukamulya wilayah kerja Puskesmas Bongo 2 Kabupaten Boalemo digigit anjing di bagian tangan pada hari selasa (27/11/2018). Anjing yang menggigit pasien adalah milik sendiri dan sudah di jual. Ternyata anjing tersebut sudah di bunuh oleh si pembeli.

Kemudian pada hari Kamis (29/11/2018) pasien mulai mengalami gejala demam, takut air, rasa haus, keluar ludah dari mulut, nyeri tangan kiri dan menggigit bantal. Pasien tersebut pada Sabtu (01/12/2018) di jemput oleh orang tuanya menuju Kecamatan kabila dan di bawa ke Rumah Sakit Toto Kabila dengan kondisi mengamuk dan berhasil melarikan diri dari rumah sakit dan keluarga berhasil membawa kembali ke rumahnya di Tilongkabila. Akhirnya pada hari ini Minggu (02/12/2018) pasien meninggal di rumah di Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango.

Masyarakat dihimbau untuk waspada karena kasus Gigitan Hewan Penular Rabies (anjing, kucing, kera dan tikus) berdasarkan analisis Surveilans Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR) ada trend peningkatan kasus sampai dengan bulan Nopember 2018. Segera melapor atau mendatangi Petugas Kesehatan atau Fasilitas Kesehatan terdekat jika terjadi Kasus di gigit hewan penular rabies.

Sumber : Seksi P2PM dan Seksi Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 − 8 =

scroll to top