Bone Bolango Canangkan Hari kesehatan Nasional Ke-58

IMG-20221105-WA0017.jpg

Pencanangan HKN Ke-58 tingkat Kabupaten Bone Bolango.

Kabupaten Bone Bolango, Dinkesprov – Jajaran kesehatan Kabupaten Bone Bolango dinilai berkinerja baik dalam pelaksanaan program kesehatan. Hal itu diungkapkan Bupati Bone Bolango, Hamim Pou saat mencanangkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, Sabtu (05/11/2022) bertempat di halaman kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango.

“Kalau kita lihat angka-angka kinerja kesehatan menunjukkan perbaikan misalnya angka kematian bayi, angka kematian ibu turun, prevalensi gizi buruk juga turun, stunting juga jumlahnya berkurang. Ini artinya raport secara keseluruhan Dinas Kesehatan Bone Bolango relatif baik,” kata Hamim.

Akan tetapi disisi lain, kata Hamim masih banyak perilaku masyarakat yang belum sehat sehingga perlu meningkatkan edukasi kesehatan kepada masyarakat.

“Tapi kita juga prihatin masyarakat kita sebagian besar masih banyak yang merokok padahal sudah ada peraturan daerah untuk larangan merokok dan juga pengeluaran masyarakat kedua paling besar itu ternyata merokok,” imbuh Hamim.

Hamim berharap agar jajaran kesehatan terus berjuang dalam melakukan upaya promotif dan preventif sehingga perilaku hidup bersih dan sehat bisa ditingkatkan dan kebiasaan merokok dapat dikurangi.

“Penting juga bagaimana kita banyak berolahraga, makan makanan bergizi tidak perlu mahal tapi bergizi makanan seimbang dan istirahat yang cukup,” ucap Hamim.

Hamim juga memberi semangat kepada seluruh jajaran kesehatan Bone Bolango ditengah berbagai kekurangan dan keterbatasan.

Penampilan Deviley salah satu puskesmas di Kabupaten Bone Bolango

“Jangan menyerah ya, karena bagaimana pun ini kita tidak sekedar dapat apresiasi dari sini tapi pekerjaan ini adalah pekerjaan yang berpahala, pasti Tuhan membalas apa yang kita kerjakan dengan balasan yang setimpal karena itu kita juga berusaha tahun depan kita akan memperbaiki apresiasi untuk tenaga kesehatan terutama tenaga honor, mungkin akan ada perbaikan honor untuk tenaga honor kesehatan yang ada di Kabupaten Bone Bolango,” tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango, Meyrin Kadir menjelaskan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan selama peringatan HKN.

“Semua kegiatan kita pusatkan di sini, ada kesenian, ada lomba olahraga jadi semua puskesmas harus terlibat langsung dengan lomba-lomba ini,” ungkap Meyrin.

Capaian Dinas Kesehatan Bone Bolango yang cukup signifikan adalah turunnya angka kematian ibu sampai dengan bulan Nopember.

“Tingkat penurunan angka kematian ibu dari tahun ke tahun diupayakan untuk turun dan Alhamdulillah kita dari tahun lalu (2021) 7 orang dan tahun ini 5 orang kita berharap mudah-mudahan sampai akhir tahun tetap bertahan begitu juga kematian bayi, anak, kemudian stunting dari tahun ke tahun kita turun,” kata Meyrin.

Senada dengan Bupati Hamim, Meyrin mengungkapkan harapannya agar pemerintah memperhatikan dan meningkatkan apresiasi bagi tenaga kesehatan.

“Saya berharap semua teman-teman tetap semangat untuk menjalankan tugasnya sebagai tenaga kesehatan dan saya berharap kepada pemerintah agar mereka diperhatikan, insentif mereka seperti yang saya ucapkan tadi agar insentif mereka bisa naik terutama nakes-nakes yang ada di pelosok yang sangat terpencil,” pungkasnya.

Pencanangan HKN ditandai dengan pelepasan balon oleh Bupati Hamim Pou, deviley puskesmas, penampilan kesenian dan jalan sehat.

Rilis : MD/Zhya
Videografer : Reza/SIRB
Foto : Santi
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 − three =

scroll to top